Pages

Monday, February 27, 2012

Cari Aku di Canti

Cari Aku di CantiCari Aku di Canti by Wa Ode Wulan Ratna


My rating: 4 of 5 stars


Kumpulan cerpen ini terdiri dari 12 cerpen yaitu La Runduma, Cari aku di Canti, Bula Malino, Bulan Gendut di tepi Gangsal, Perempuan Nokturia, Catatan Harian Hans Mandosir, Kembang Sri Gading, Corfivollus, Meja Gembol, Kering, Peluru-peluru, dan Batavus. Judul kumcer 'cari aku di Canti' merupakan judul salah satu cerpen yang menurutku kurang menarik tapi judulnya cukup catchy. Secara keseluruhan saya suka dengan kumcer ini. Cerpen-cerpennya mengangkat tema lokal yang menarik untuk dibaca.


Cerpen yang paling saya suka yaitu catatan harian hans mandosir. Kisah seorang anak papua dari raja ampat yang suka menulis. Hans berhenti sekolah selain karena keterbatasan ekonomi juga perihal gurunya yang jarang datang karena kendaraan yang sulit. Surat yang ditujukan kepada Bapak Mentri sungguh mengharukan. Ada lagi kisah veteran perang di cerpen 'Peluru-peluru' yang terbiasa makan arang. Di masa tuanya yang pelik,Pak Wadiman berhak mendapat bantuan tunai dari pemerintah. Namun untuk mendapatkan bantuan,ia perlu membayar uang administrasi. Saat pembagian bantuan terjadi kericuhan di kantor kelurahan karena warga berdesakan dan saling dorong.

View all my reviews

No comments:

Post a Comment

Thank your for leaving comment. :)