Pages

Friday, June 5, 2015

[Library Visit] Library@Orchad


Rasanya belum afdol ke Singapura jika belum menginjak Orchad Road. Pusat perbelanjaan di jalan ini cukup terkenal bagi orang Indonesia yang sedang berlibur ke negeri tetangga. Setelah lelah berjalan di Gardens By The Bays, saya memutuskan ke Orchad Getaway. Sebenarnya mall tidak termasuk dalam daftar kunjungan saya di Singapura. Masak ketemu mall lagi mall lagi. Tujuan utama ke Orchad Getaway bukan shopping tapi mengunjungi Library @Orchad.

Sebelumnya saya memang browsing dulu mengenai perpustakaan yang bisa dikunjungi. Dari situs national board library terdapat daftar perpustakaan umum di Singapura yang bisa dikunjungi. Saya pun tertarik dengan Library@Orchad yang menurut saya cukup unik berdasarkan foto-fotonya di internet. 

 Pintu masuk Library@Orchad

Library@Orchad adalah perpustakaan umum di bawah National Library Board of Singapore. Library@orchad terdapat di lantai 3 dan 4 Orchad Getaway. Jika menggunakan MRT bisa turun di halte Somerset dan berjalan keluar ke arah Orchad Getaway. Koleksi buku lantai 3 Library@Orchad adalah fiksi dan majalah. Tak jauh dari pintu masuk Library@Orchad terdapat dinding majalah yang memajang berbagai judul majalah. Jika ingin membaca majalah, pengunjung tinggal membuka kotak majalah yang diinginkan.

 Wall of magazines

Saya mengalihkan pandangan ke rak-rak buku fiksi. Desain rak bukunya minimalis.  Buku-buku tersusun rapi dan bersih dari debu. Saya berjalan menelusuri rak-raknya pelan-pelan. Genre koleksi bukunya amat beragam. Dari young adult, fantasi, misteri, thriller, detektif, romance, sci-fi, hingga sastra dunia pemenang nobel sastra ada. Aaaaak. Saya iri dengan anggota perpustakaan Library@Orchad. Mau banget pinjam bukunya! Selain buku berbahasa inggris, Library@Orchad mempunyai koleksi dalam bahasa Mandarin, Hindi, dan Melayu. Iseng-iseng saya mencari buku Indonesia dan menemukan beberapa buku yang akrab di mata saya semisal Entroknya Okky Madasari, seri Hunger Games terbitan Gramedia.


 Ada buku favoritmu disini? ;)

 For Agatha Christie's Fans

Wah ada juga ya buku Indonesia, pikir saya.

Library@Orchad pertama kali dibuka pada tahun 1999. Dalam perjalanannya sempat ditutup tahun 2007 dan kembali dibuka di tahun 2014. Library@Orchad menerapkan konsep boutique library. Tidak mengherankan jika perpustakaan ini memuaskan ekspektasi saya sebagai pembaca dan pencinta perpustakaan karena konsep, desain dan koleksi Library@Orchad sendiri berdasarkan feedback pembaca dari National Reading Survey. Pendekatan yang dilakukan berhasil menyedot pengunjung sekitar 1,4 juta setiap tahunnya.

Awesome!

Sebagian besar pengunjung Library@Orchad adalah anak-anak muda. Di bagian tengah perpustakaan terlihat pengunjung yang serius dengan laptop mereka. Saya mengambil buku Bookshelf - Alex Johnson dan membacanya di tempat duduk yang disediakan. Suasananya nyaman dan tenang untuk berlama-lama di perpustakaan. 

 Koleksi non fiksi Library@Orchad

Saya beranjak ke lantai 4. Sebenarnya ada tangga penghubung antara lantai 3 dan lantai 4 di dalam Library@Orchad. Sayang tangga tersebut dalam perbaikan sehingga untuk ke lantai 4 mau tak mau melalui eskalator publik mall. Lantai 4 dikhususkan untuk drop buku dan koleksi buku non fiksi. Koleksi buku non fiksi Library@Orchad juga menggiurkan. 


Sayang saya tidak bisa berlama-lama tapi kunjungan singkat ini memberikan kesan mendalam.


 Yes! Library is for everyone.

Sumber bacaan :

 Koleksi foto-foto Library@Orchad bisa dilihat di akun instagram @bacabukuku. ^^ *promosi

Postingan ini untuk memenuhi personal project :

 
Library@orchard returns with a chic look and a collection focused on design - See more at: http://www.straitstimes.com/lifestyle/books/story/libraryorchard-returns-chic-look-and-collection-focused-design-20141023#sthash.tu9xASHq.dpuf
Library@orchard returns with a chic look and a collection focused on design - See more at: http://www.straitstimes.com/lifestyle/books/story/libraryorchard-returns-chic-look-and-collection-focused-design-20141023#sthash.tu9xASHq.dpuf

No comments:

Post a Comment

Thank your for leaving comment. :)