Pages

Monday, February 13, 2012

Rahasia di Pulau Kirrin (Lima Sekawan #6)

Rahasia di Pulau Kirrin (Lima Sekawan, #6)Rahasia di Pulau Kirrin by Enid Blyton


My rating: 4 of 5 stars


George sebal sekali mendapat surat dari Ibunya. Pulau Kirrin akan digunakan ayahnya untuk percobaan. Ayah George seorang ilmuwan yang terkenal. Ia membangun menara disamping puri tua di pulau itu. Bagi George,Pulau Kirrin adalah pulau miliknya. Ia tidak suka ada orang yang datang tanpa seijinnya termasuk ayahnya sendiri. Rencana liburan paskah George akan berkemah bersama 3 sepupunya, Julian, Dick dan Anne pun gagal.

5 sekawan mengunjungi ayah George yang biasa dipanggil Paman Quentin oleh Julian dan adik-adik. Anehnya tidak ditemukan keberadaan Paman Quentin tidak Bagaimana bisa Ayah George mengetahui tempat persembunyian yang tidak mereka ketahui? Nampaknya belum semua tempat di pulau Kirrin diketahui oleh 5 sekawan. Selama percobaan,Ayah George akan tinggal sementara di pulau Kirrin dan tidak mau diganggu oleh siapa pun. Untuk memastikan keadaannya ia aman-aman saja di pulau Kirrin,ia akan memberikan isyarat setiap jam setengah sebelas malam dan setengah sebelas pagi dari menara.

Sementara itu ada pendatang baru di daerah tempat tinggal George,Pak Curton dan anaknya,Martin. Martin memiliki bakat melukis. Walaupun dia agak membosankan,ia langsung semangat dan berseri-seri jika berbicara tentang seni lukis. 5 sekawan mengajak bermain di tambang batu. Tak sengaja Timmy menemukan lorong memanjang di tambang batu tersebut.Mereka ingin sekali menyusuri lorong namun waktunya belum pas sehingga menunda di lain hari.

Ayah George mengirimkan sinyal tak biasa dari Pulau Kirrin. Ia merasa tidak sendirian di pulau Kirrin lalu meminta ditemani oleh Timmy. Belum pernah sekalipun George berpisah dengan anjing kesayangannya dengan berat hati George mengijinkan Timmy menemani Ayahnya. Ada yang salah dengan isyarat Ayah George. Lewat teropong penjaga pantai,ia tidak melihat Timmy. Kekhawatiran George membawanya menyeberangi laut di saat sepupu-sepupunya sudah terlelap. Benar saja ada dua orang asing di pulaunya,mereka menawan Ayah George dan Timmy!

Dua orang penjahat ini bertujuan merebut catatan tentang percobaan Ayah George. Tujuan percobaan untuk menggantikan batu bara dan minyak sbg pembangkit energi. Jika berhasil akan disumbangkan untuk kepentingan dunia. Orang tidak perlu lagi menggali tanah untuk batubara dan minyak. Rupanya ada mantan rekan kerja ayahnya yang ingin merebut formula percobaan dan membayar penjahat untuk merampas dari ayah George. Mereka mengancam jika tidak diberikan akan meledakkan pulau Kirrin.

George memberikan catatan tersebut ke Timmy yang langsung menghilang di goa bawah tanah puri pulau Kirrin. Timmy sampai tepat waktu di rumah George dan menemui anggota 5 sekawan lainnya. Catatan yang dibawanya disimpan di lemari besi. Namun bagaimana caranya Timmy bisa sampai ke rumah? Tidak mungkin Timmy berenang,bulu-bulunya sama sekali tidak basah. Ada goa bawah laut yang menghubungkan pulau Kirrin dengan daratan! Ujungnya berada di lokasi tambang batu. Julian dan Dick mengikuti Timmy dan mereka bertemu dengan Martin di tambang batu. Nah? Apa yang dilakukan Martin disana sambil membawa sekop dan senter? Martin berterus terang jika Pak Curton bukan lah ayah kandungnya, ia yatim piatu. Selama ini Martin harus mengikuti perintah-perintah Pak Curton dalam aksi kejahatannya. Ia tak punya pilihan. Martin bersedia membantu Julian dan Dick untuk menyelamatkan George dan Ayahnya.

Kisah petualangan Julian, Dick, George, Anne dan Timmy tidak pernah bosan untuk dibaca. :)

View all my reviews

3 comments:

  1. Lima sekawan ini susah bgt nyari bukunya skg :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah ada cetakan baru,cover baru,dan harganya lebih mahal pula.Hehehe. Aku koleksi yg covernya yang ini. Aku masih ngumpulin satu persatu,belum lengkap semua judul ^^.

      Delete
  2. Klasik banget...Kalau nggak salah ini seri pertama Lima Sekawan kan??

    ReplyDelete

Thank your for leaving comment. :)