Pages

Tuesday, April 8, 2014

Attachments


Judul : Attachments

Penulis : Rainbow Rowell


Internet security officer, 40K USD, plus health & dental


Begitu lah iklan lowongan yang dibaca Lincoln O’Neill. Ia tertarik dan melamar pekerjaan tersebut. Lincoln tidak mengetahui jika ia dibayar untuk membaca email semua karyawan di The Courier, koran lokal. Ada program yang dinamakan WebFence. Melalui WebFence, kegiatan online karyawan dimonitor dari setiap email, situs dan kata-kata. Kata-kata yang menjurus rasial, perkataan jorok, atau membicarakan atasan akan mendapat red flag di WebFence. Linconl lah yang bertugas untuk cek WebFence secara rutin dan mengirimkan notifikasi pada yang bersangkutan.


Salah satu yang menarik perhatian Lincoln adalah percakapan tertulis Beth Fremont dan Jennifer Scribner-Snyder. Lincoln seharusnya memberikan peringatan buat mereka tetapi tidak ia lakukan. Lincoln tetap membaca email antara mereka berdua. Ia merasa mengenal dan dekat dari email-email mereka. Jennifer telah menikah dan mempunyai ketakutan untuk hamil. Beth yang mempunyai pacar seorang gitaris band bernama Chris. Walaupun Lincoln tidak merasa nyaman dengan pekerjaannya tapi ia menikmati percakapan Jennifer dan Beth.  


Sebenarnya kakak perempuannya, Eve, agak khawatir dengan Lincoln karena statusnya masih single di umur 28 tahun dan selalu mendorong Lincoln untuk pindah dari rumah ibu. Lincoln tidak pernah berpacaran lagi sejak kisah cintanya dengan Sam berakhir. Lincoln menghabiskan weekend bermain Dungeons & Dragons dengan lima atau enam temannya semenjak kuliah. Sesekali ia keluar dengan Justin menonton live music dan berkenalan dengan wanita untuk bisa dikencani tapi tidak ada yang menarik. Beth memenuhi pikiran Lincoln namun Beth sudah berpacaran selama 8 tahun dengan Chris.


Lincoln tidak banyak mempunyai teman di kantor. Karena Lincoln lebih banyak bekerja pada malam hari, teman kantornya tidak banyak. Ia sering berbagi makan malam dengan Doris, wanita tua berusia 60 tahun. Suatu ketika Beth bercerita tentang seorang “cute guy” yang ia temui di kantor pada Jennifer. Beth menggambarkan cute guy seperti aktor Hollywood Harrison Ford dan Jason Bateman. Alangkah kagetnya Lincoln saat membaca email Beth saat memberitahu Jennifer, “cute guy” nya sedang makan bersama Doris. Nah, jadi “cute guy” yang dimaksud itu Lincoln ?


Rainbow Rowell selalu berhasil menciptakan karakter cowok yang bikin “meleleh”. Ada Park dalam Eleanor & Park, Levi dalam Fangirl, dan Lincoln dalam Attachments. Tipe-tipe cowok yang sederhana, yang biasa aja tapi mampu memikat hati wanita dengan tindakannya. Attachments merupakan buku pertama dari Rainbow Rowell.


3 comments:

  1. Cowo kayak Lincoln gini banyak di kantor, hihihi :D
    Riskan deh kalau mau chat ma temen pake email kantor, soalnya diawasi. 'Kan ga lucu gitu kalau mau bahas yang aneh2 terus malah dibaca orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sampe nanya ke temenku yang anak IT, email kantor dan chat internal kantor emang bisa dilihat sama IT. Sekarang kalau mau ngegosip via whatsapp aja. Hahaha. :))

      Delete
  2. Aku pingin iniiii, tapi harga paperbacknya mahal amat dah .____. Aku belum baca E&P, kalo Levi sih lumayan bikin melting XD

    ReplyDelete

Thank your for leaving comment. :)