Pages

Monday, April 21, 2014

Dua Saudara


Judul : Dua Saudara

Penulis : Jhumpa Lahiri

Penerbit : BukuKatta

Tahun Terbit : 2014


Dua saudara, Subhash dan Udayan, tumbuh bersama sedari kecil di Tollygunge. Jarak umur mereka tidak terpaut jauh dan postur badannya kurang lebih sama sehingga kadang mereka kerap bertukar baju. Mereka berdua berhasil diterima di perguruan tinggi. Udayan ke Presdirency untuk kuliah Fisika dan Subhash kuliah ilmu kimia di Jadavpur.

Setelah lulus kuliah, Udayan mendapatkan pekerjaan di sekolah teknik dan tidak tertarik untuk melanjutkan sekolahnya. Subhash ingin belajar ke luar negeri. Ia melamar di program PhD di Amerika Serikat. Subhash mengajak Udayan untuk sama-sama ke luar negeri. Pintu ke kehidupan yang lebih baik akan mereka dapatkan tapi Udayan menolak. Jika kamu pergi, kamu tidak akan kembali. Udayan melarang Subhash pergi tapi tekad Subhash sudah kukuh.

Udayan tertarik dengan pergerakan kaum merah yang berasal dari China. Dalam surat-surat yang diterima Subhas, dua saudara ini membicarakan perkembangan India. Udayan yakin bahwa India menuju perubahan yang ia dan gerakannya yakini. Kata-kata dar Mao Tse Tung disebarkan ke desa-desa. Selain itu, Udayan memberitahu Subhas dirinya telah menikah dengan gadis pilihannya, Gauri. Pernikahan di India sebagian besar karena perjodohan. Udayan telah melangkahi wewenang orang tuanya. Kekecewaan orang tua mereka diungkapkan dalam surat.

"Kami harap bila saatnya tiba, kamu akan mempercayakan kepada kami untuk menentukan masa depanmu, memilihkan istri untukmu yang menjadi hadiah pada pernikahanmu. Kami harap kamu tak akan mengabaikan harapan kami, seperti adikmu lakukan."

Sebuah telegram dari orang tuanya mengabarkan Udayan terbunuh. Subhash langsung pulang ke Tollygunge. Ia mendapati adiknya telah ditembak polisi. Gauri, adik iparnya, tidak begitu diacuhkan oleh orang tua Subhash. Keberadaannya tidak dianggap. Tidak ada pilihan bagi Gauri selain hidup dengan mertuanya. Ia lari dari rumah untuk menikah dengan Udayan. Subhash bersimpati karena bagaimanapun Gauri sedang mengandung anak adiknya. Satu-satunya cara yang menurut Subhash dapat menolong Gauri adalah menikahinya.


Jhumpa Lahiri memenangkan penghargaan Putlizer tahun 2000 untuk karyanya Interpreter of Maladies. Dua saudara adalah terjemahan dari cerpen Brotherly Love yang dimuat di The New Yorker, 10 Juni 2013. Ketika saya ingin memasukkan rating di goodreads, ternyata review-review Dua Saudara masuk ke The Lowland yang terbit 20 September 2013. Setelah saya baca sinopsis dari The Lowland memang ceritanya tentang dua saudara, Subhash dan Udayan. Hmmm. Bingung kan mau ngerating di Goodreads nya ? Menurut saya entitas nya tidak sama jadi saya tidak memberikan rating di Goodreads. Walaupun begitu, Dua Saudara menarik minat saya untuk membaca The Lowland yang tentu lebih lengkap menceritakan kisah hidup Subhash dan Udayan. 

1 comment:

  1. Bacaan menarik. Saya belum pernah baca novel setting India...mengharukan

    ReplyDelete

Thank your for leaving comment. :)