Pages

Monday, April 21, 2014

Semanis Es Krim




Judul : The Empress of Ice Cream

Penulis : Anthony Capella

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : 2013

Cinta bagai es. Merangkak menyelimutimu, merasuki tubuhmu diam-diam, menghancurkan pertahananmu, menemukan relung-relung paling dalam dagingmu. Tidak seperti panas atau sakit atau terbakar melainkan lebih seperti mati rasa di dala,seakan-akan jantungmu sendiri mengeras, mengubahmu menjadi batu. Cinta mencengkerammu, meremasmu dengan kekuatan yang sanggup memecah batu karang atau mengoyak lambung kapal. Cinta mampu mengangkat lempeng ubin yang berat, menghancurkan marmer, melayukan dedaunan di pohon.


Mademoiselle Louise de Keroualle diutus oleh Raja Perancis, Louis XIV untuk menghibur Raja Inggris, Charles II.  Adik perempuan Raja Charles, Madame Henrietta d'Angleterre, menikah dengan adik dari Raja Louis. Louise tadinya adalah dayang-dayang Madame di istana Versailles. Louise mempunyai daya tarik yang cukup memikat dan cukup pintar dikirim ke Inggris bersamaan dengan Carlo Demirco, sang confectioner Raja. 

Carlo ahli membuat hidangan es. Waktu itu suguhan pencuci mulut dari es hanya dinikmati oleh Raja. Carlo pernah melamar Louise namun ditolak mentah-mentah. Orang tua Lousie mengirim anaknya ke istana dengan harapan bisa menikah dengan bangsawan. Carlo mempunyai kedudukan yang cukup baik di istana sebagai satu-satunya ahli pembuat es.

Tujuan Raja Louis mengirimkan Louise untuk membuat Raja Charles berada di pihak Perancis dalam perang melawan Belanda. Perempuan adalah salah satu kelemahan Charles. Kedatangan Louise menarik perhatian semua kalangan istana. Di bawah tatapan yang melecehkan, orang-orang berpendapat Louise adalah gundik baru raja yang sengaja dikirimkan Perancis. Karena Louise adalah orang yang paling dekat dengan adiknya di Versailes, Raja Charles berbagi kenangan dan kesedihan dengannya. Sebuah sayap khusus sudah disiapkan di istana Charles II untuk Loise. Penyerahan total Louise tidak semudah yang dibayangkan. Louise mengulur waktu hingga membuat Raja Charles II tidak sabar.

Kabar ratu yang sedang sakit membuat Louise berandai-andai bisa menikahi Raja Charles II. Sebuah impian yang tidak mungkin. Ketika rencana berjalan lambat, Raja Louis mengirimkan ancaman pada Louise, ia bisa kembali ke Perancis dan diasingkan di biara.  

Selain pembaca disuguhkan proses membuat es yang rumit dari komposisi-komposisi yang tidak lazim, Novel ini juga menceritakan tingkah laku Raja dan bangsawan yang berfoya-foya di dalam istana. Wanita di dalam istana berlomba-lomba menarik perhatian Raja. Intrik dan politik istana sangat mempengaruhi kehidupan kaum bangsawan. 


No comments:

Post a Comment

Thank your for leaving comment. :)