Pages

Saturday, March 22, 2014

Pacar Merah Indonesia




Judul : Pacar Merah Indonesia

Penulis : Matu Mona

Penerbit : KILTV dan Jendela

Tahun Terbit : 2001


"Nona, perkara melepaskan diri itu bukanlah perkara penting bagiku. Aku adalah insan ibarat angin, asal lulus aku dapat meloloskan diriku."

Di Thailand, ia bernama Vichitra yang dilindungi oleh anak gadis dari kepala polisi rahasia Thailand. Di Kamboja, ia menyamar menjadi padri Budha da. mengunjungi Angkor Wat. Di Filipina ia adalah Puting Ulap menghadiri kongres Pan Melayu. Di Shanghai, ia bernama Tan Min Kha. Siapa dia yang keberadaannya dicari-cari polisi rahasia di negara yang ia datangi ? Imbalan yang besar bagi orang yang bisa memberitahukan keberadaan mysterie man ini kepada polisi. Dia lah Pacar Merah Indonesia.

Alminsky datang ke Paris menjumpai Musotte. Ia mendapat perintah untuk menemui Pacar Merah dalam waktu 6 bulan. Pacar Merah dinilai sudah melenceng dari Uni Soviet dengan bertindak sesuka hati dan memutus hubungan dengan Moskow. Kemudian Alminsky harus kembali ke Moskow untuk memberikan jawaban dari Pacar Merah.

Alminsky melanjutkan perjalanan ke timur untuk mencari Pacar Merah. Keberadaan Pacar Merah bak Don Quixeto, berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain. Sahabat-sahabat Pacar Merah banyak yang berasal dari kelasi kapal. Sehingga ia bisa diselundupkan dari satu negara ke negara lainnya. Di New York, Alminsky berjumpa dengan Djalumin. Menurut Djalumin, pendirian Pacar Merah sudah kukuh, mustahil bisa digoyahkan. Pacar Merah memilih jalannya sendiri, terlepas dari pengaruh Uni Soviet.

Kenapa Pacar Merah diburu polisi rahasia ? Hal ini berkaitan dengan situasi negara-negara Asia Tenggara yang saat itu masih dikuasai penjajah. Kesadaran nasionalisme negara-negara jajahan akan mengganggu kenyamanan penjajah. Segala bentuk ide kemerdekaan dibendung jika perlu dimusnahkan Kemana-mana Pacar Merah pergi ada sahabat yang setia melindunginya. Pacar Merah mendapat perhatian khusus dari gadis cantik yang merupakan anak dari kepala polisi rahasia Thailand, Ninon Phao. Hubungan mereka saling mengasihi sekalipun sudah jelas wanita Siam ini mencintai Pacar Merah, Pacar Merah menganggap ia sebagai saudara. Ninon bersedia melindungi dan merawat Pacar Merah yang saat itu sakit tekuk. Walaupun ia mempertaruhkan nama baik ayahnya sebagai kepala polisi rahasia Thailand.


Pacar Merah Indonesia adalah fiksi sejarah yang dituliskan berdasarkan pelarian Tan Malaka. Sejumlah tokoh-tokoh komunis dan gerakan kiri radikal muncul seperti Ivan Alminsky, Paul Musotte, Semounoff, Darsonoff. Pertama kali diterbitkan pada tahun 1938 dengan judul Spionage-Dienst: Pacar Merah Indonesia. Dan diterbitkan kembali setelah 63 tahun dari cetakan pertamanya di tahun 2001 dalam peringatan 150 tahun KITLV, (lembaga Budaya, Bahasa, dan Sejarah). Bahasa yang digunakan masih seperti cetakan pertama. Penerbit hanya mengubah ejaan lama ke ejaan baru. Jadi maklum saja bahasanya terasa bertele-tele, mendayu-dayu dan berlebihan jika dibandingkan dengan bahasa melayu sekarang. Istilah asing dan bahasa Belanda juga banyak ditemukan tetapi keterangan artinya dituliskan di bagian belakang buku.

No comments:

Post a Comment

Thank your for leaving comment. :)