Pages

Tuesday, July 21, 2015

Harun dan Samudra Dongeng




Judul  : Harun dan Samudra Dongeng

Penulis : Salman Rushdie

Penerjemah : Anton Kurnia & Atta Verin

Penerbit : PT Serambi Ilmu Semesta

Tahun terbit : 2011

Jumlah Halaman : 219 


Apalah gunanya dongeng-dongeng yang tak mungkin terjadi di alam nyata ?


Rasyid Khalifa seorang pendongeng yang tinggal di kota yang paling sedih diantara kota-kota lain. Di kota ini terdapat perusahaan-perusahaan yang memproduksi kesedihan, dikemas dan dikirim ke seluruh dunia. Kemurungan yang menyelimuti warga kota. Rasyid Khalifa adalah pengecualian. Ia pendongeng yang ceria. Bagi penggemarnya Rasyid disebut sang Samudera khayal tapi untuk orang-orang yang tidak menyukainya ia disebut Raja Omong Kosong. 

Di musim kampanye pemilihan, kandidat-kandidat politik berebut menawar jasa dongeng Rasyid. Sudah bisa dipastikan bagi kandidat yang berhasil membawa Rasyid ke panggung kampanye akan mendapat dukungan berlipat-lipat dari warga. Penduduk tidak menyukai politikus tetapi mereka memercayai dongeng Rasyid. Karena terlalu sering keliling mendongeng, istri Rasyid kabur dengan tetangga mereka Pak Sengupta. Rasyid patah hati. Setelah istrinya meninggalkan rumah terjadi sesuatu yang tidak disangka-sangka. Kemampuan mendongeng Rasyid menghilang di depan orang banyak. Dari mulutnya hanya terdengar Aak..aak..aak.. Orang yang menyewanya marah besar. Rasyid diberikan kesempatan satu kali lagi di lembah K. Jika tidak habis riwayatnya, Khattam.

Rasyid mempunyai anak laki-laki yang bernama Harun. Harun hanya memiliki konsentrasi dalam 11 menit pertama. Di menit berikutnya, pikirannya mengembara kemana-mana. Efek psikologis karena ibunya minggat pada jam 11. Suatu malam Rasyid dan Harun menginap di rumah perahu yang dinamakan "Seribu Tambah Satu Malam". Harun cemas dengan kondisi ayahnya yang menjadi semurung nama kota tempat tinggal mereka. Mereka bertukar kamar. Disinilah ceritanya berawal.

Harun terbangun tengah malam dan menemukan makhluk jin air yang bernama Jikka dari Samudera Dongeng. Siapa saja bisa mendongeng. Para pendongeng terbaik memerlukan air dongeng yang serupa bahan bakar untuk mobil. Jikka datang untuk melakukan Pemutusan Hubungan dengan Rasyid. Ternyata ia salah orang malah menemui Harun yang menahan alat Pemutusan Hubungan yang bentuknya mirip ekor monyet. Jikka membawa Harun ke kota Gup, di Kahani.

Samudera arus dongeng adalah perpustakaan terbesar di seluruh jagat raya. Kisah-kisah yang ada berbentuk cair, mereka bisa berubah menjadi versi baru atau bergabung dgn dongeng lain membentuk sebuah cerita baru. Tak seperti perpustakaan biasa, Samudra Arus Dongeng hidup. Harun meminum secangkir dongeng dan menemukan dirinya di kisah penyelamatan putri yang ditawan di menara tinggi. Putri yang diselamatkan tidak berambut panjang. Harun memanjat menara namun di tengah-tengah ia berubah menjadi laba-laba sampai di atas menara sang putri justru menyerang Harun dan memotong lengan-lengan Harun. Ketika terbangun, Harun menceritakan kisah cerita tersebut langsung membuat Jikka panik. Ceritanya kacau balau pertanda Samudera Dongeng tercemar. 

Jikka mencium bahaya. Ini pasti kerjaan pemimpin Chupwala, tetangga kota Gup Khattam-sud.  Ia adalah pangeran kesunyian dan musuh pembicaraan. Musuh utama dari segala cerita. Butuh waktu bertahun-tahun agar dongeng tercemar kembali bersih. Istana Gup sedang terguncang karena Putri Batcheat diculik dan ditawan di Benteng Chup, Puri Es Khattam-Sud di tengah-tengah Malam Abadi. Jadi tidak hanya masalah polusi Samudera Dongeng yang tercemar, mereka harus menyelematkan Putri Batcheat. Tandanya kota Chupwala mengajak perang kota Guppee.Guppee dan Chupwala, dua kota yang bertolak belakang di Kahani. Guppee selalu diterangi Matahari dan Chupwala gelap total. Pemisah dua kota ini dinamakan Kepingan Senja. Orang-orang Gup suka mengobrol dan riang sementara penduduk Chup tidak berbicara, diam dan bahkan menjahit mulutnya. Putri Batcheat diancam akan dijahit mulutnya oleh Khatam-Sudd. 

Harun menawarkan dirinya menjadi mata-mata. Pasukan Kerajaan Gup akan menyelamatkan Putri. Harun bergerak ke daerah kuno, sumber arus utama dongeng. Ia bersama Jikka si Jin Air,Tappi si burung bul-bul, Mali si Tukang Kebun Terapung, dan Goopy dan Bagha Sepasang Ikan Banyak Mulut memiliki misi tersendiri. Berhasil kah mereka memulihkan Samudera Dongeng ?

Dari beberapa buku Salman Rushdie yang saya punya, akhirnya Harun dan Samudera Dongeng yang berhasil saya baca sampai tamat. Mood membaca saya sedang pas setelah membaca serial Bumi Tere Liye, saya ingin membaca cerita fantasi. Kisah Harun ini seperti dongeng Kisah Seribu Satu Malam. Gaya bahasanya enak dibaca,humoris namun sarat makna. Karakter Harun yang berbicara polos terkadang ceplas-ceplos mampu menunjuk kemunafikan di depan muka.

No comments:

Post a Comment

Thank your for leaving comment. :)