Pages

Tuesday, June 18, 2013

Daughter of Fortune


Judul : Daughter of Fortune (Putri Keberuntungan)
Penulis : Isabel Allende
Penerjemah : Eko Indriantanto
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2009

Apa yang bisa dilakukan seorang gadis yang sedang jatuh cinta? Mengarungi samudera pun sanggup. Demi Joaquin Andieta, Eliza Sommers menyelinap ke kapal yang membawa orang-orang dari Valparaiso ke California. Secara nekat melalui bantuan seorang koki China bernama Tao Chi'en, Eliza bersembunyi di palka kapal di tengah-tengah karung bahan makanan selama dua bulan. 

Eliza jatuh cinta pandangan pertama pada Joaquin Andieta, seorang pegawai rendahan dari perusahaan paman angkat, yang kebetulan ia lihat. Cinta itu bersambut dan sepasang kekasih dimabuk asmara. Joaquin sangat berbeda dengan Eliza. Ia miskin dengan Ibu yang sakit-sakitan harus berjuang untuk hidup. Sementara Eliza tinggal di rumah kakak beradik, Jeremy dan Rose Sommers,pedagang Inggris yang berkecukupan. Eliza adalah gadis yang beruntung ditemukan dengan Rose Sommers sewaktu bayi. Miss Rose mengangkatnya dan memperlakukan layaknya anak kandung. Eliza juga mendapat bagian dari oleh-oleh John Sommers, saudara laki-laki Miss Rose lainnya,yang menjadi pelaut.

Miss Rose berangan-angan tentang masa depan Eliza yang menikah dari keluarga baik-baik. Namun cinta telah mendahului rencana-rencana Miss Rose. Eliza jatuh cinta,usianya menginjak 16 tahun. Joaquin, salah satu orang-orang Chili yang berduyun-duyun datang ke California. Konon emas begitu mudah ditemukan disana, tercecer di jalan-jalan. Berita ini berhembus kencang menarik orang-orang datang ke California yang baru saja masuk ke wilayah Amerika Serikat.

Begitu menginjak tanah California, Eliza menyamar menjadi laki-laki. Ia telah menjalin persahabatan dengan koki China, Tao Chi'en,yang masih diliputi duka kehilangan Istri pertamanya. Tao Chi'en 'tercebur' dipaksa menjadi koki kapal laut. Keahlian sebenarnya dalam akupuntur dan meramu obat-obatan tradisional China. Tao Chi'en menyelamatkan nyawa Eliza ketika ia keguguran dalam perjalanan ke California. Tao Chi'en membuka praktek di Sacramento sementara Eliza meneruskan pencarian kekasihnya. 

California masih daerah yang rawan. Ternyata untuk sampai ke daerah tambang emas, ia masih harus menempuh jalan darat. Lebih aman bepergian dalam rombongan. Eliza mengaku sebagai Elias Andieta, adik dari Joaquin Andieta. Eliza bergabung dengan rombongan rumah bordil keliling pimpinan Joe Bonecrusher. Kehadiran perempuan yang masih sedikit kala itu menjadikan bisnis 'merpati kotor' sebutan untuk prostitusi menjadi laris. Perempuan bisa membuat lalu lintas San Fransisco terhenti karena saking langkanya. Masih dalam penyamaran bocah laki-laki,ia memainkan piano untuk menghibur pelanggan-pelanggan. 

Sementara itu bayangan kekasihnya semakin kabur. Amerika memiliki daratan yang luas. Dan menemukan seorang penambang Chili bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami.  Bagaimana akhir pencarian Eliza? Akan kah ia bersatu dengan cinta pertamanya ?

Daughter Fortune adalah karya Isabel Allende pertama yang saya baca.  Lebih dari kisah keberanian gadis yang jatuh cinta,buku ini seperti persilangan budaya barat, timur dan Amerika Selatan. Jalinan ceritanya mampu membuat saya enggan meletakkan buku ini jika tidak terhalang kesibukan. Cara berpikir Jeremy Sommers yang konservatif, masa lalu Tao Chi'en, budaya Chili yang masih kuat percaya takhayul, serta harapan dan impian pendatang di tanah baru Amerika dimana setiap orang bisa membuka lembar hidupnya bagai seputih kertas dan mengharapkan nasib yang lebih baik.

4 comments:

  1. Aku punya tapi blom baca... Ga sabar pengen buru2 baca trilogi allense ini.
    Reviewnya kereeeen.

    ReplyDelete
  2. keren kan, keren kan, keren kan.... :))))

    ReplyDelete

Thank your for leaving comment. :)