Pages

Wednesday, January 18, 2012

Morality for Beautiful Girls

Morality for Beautiful Girls Morality for Beautiful Girls by Alexander McCall Smith


My rating: 3 of 5 stars


Satu-satunya kantor detektif wanita di Garabone,Botswana dikelola oleh Mma Ramotswe. Ia dibantu oleh asistennya yang cekatan,Mma Makutsi. Sebagian besar kasus yang ditangani adalah masalah domestik rumah tangga,,perselingkuhan. Semenjak Mma Ramotswe bertunangan dengan tuan J.L.B Matekoni,kantor detektifnya dipindahkan ke bengkel.

Bengkel itu sendiri dikenal dengan pelayanan yang memuaskan. Namun beberapa waktu terakhir,tuan J.L.B Matekoni tidak tampak mengurusnya dengan semangat. Mma Ramotswe meminta Mma Makutsi bertindak sebagai Manajer bengkel. Dua pekerja magang yang tadinya malas-malasan dituntut untuk bekerja keras. Dan dibawah pengelolaan Mma Makutsi pelayanan service di bengkel kembali menjadi kepercayaan pelanggan.

Seorang pejabat pemerintah mendatangi kantor detektif. Ia mencurigai istri adiknya. Sebagai kakak,ia khawatir wanita yg dinikahi adiknya menikah karena harta dan kedudukan keluarganya. Suatu hari adiknya keracunan makanan dan kuat dugaan istrinya meracuninya demi harta warisan. Mma Ramotswe menghabiskan beberapa hari di rumah peternakan keluarga pejabat. Mma pun mengalami keracunan sehabis santap siang. Awalnya ia menduga bahwa seseorang sengaja meracuninya karena keberadaannya di rumah itu. Ternyata semua keluarga yang ikut santap bersama mengalami mual-mual. Dengan kepiawaian Mma Ramotswe terbukalah siapa dalang dibalik racun,seseorang yang tak puas dengan pekerjaan.

Sementara itu Mma Makutsi mendapat kasus baru dari seorang pria promotor ratu kecantikan. Dengan bayaran 2000 pula (mata uang botswana),ia harus memeriksa latar belakang 4 finalis ratu kecantikan dalam 3 hari. Mma harus memastikan gadis-gadis tersebut memiliki integritas tidak terlibat catatan kriminal ataupun merupakan gadis nakal.

Sebagai penggemar kisah detektif,saya agak tersendat membacanya. Entah karena terjemahannya atau memang ceritanya membosankan. Corak kebudayaan Botswana cukup menghibur saya karena memang saya jarang membaca buku berlatar belakang Botswana.

View all my reviews

4 comments:

  1. Kalo saya malah suka banget dengan serial detektif Mma. Ramotswe nya Alexander McCall Smith ini. Salah satunya ya karena kebudayaan Botswana yang menarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bacanya agak tersendat-sendat..mungkin musti baca serial lain buat pembanding ^^

      Delete
  2. yeay akhirnya mba Zia punya blog buku, bisa tahu nih bacaannya apa aja, ternyata nggak jauh beda sama bacaannya mba ratih, berattttt :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog bukunya udah lama cuman jarang diupdate,hihihi.. engga berat2 semua,,tergantung mood baca ^^

      Delete

Thank your for leaving comment. :)