Pages

Monday, January 30, 2012

A Change in Altitude

A Change in AltitudeA Change in Altitude by Anita Shreve


My rating: 3 of 5 stars


Margaret dan Patrick, pasangan muda yang tinggal di Nairobi,Kenya. Patrick ialah seorang dokter yang meneliti penyakit tropis dan membuka jasa klinik gratis bagi rakyat yang kurang mampu. Margaret tinggal di dekat rumah pasangan dari Inggris, Arthur dan Diana yang lebih lama tinggal di Nairobi. Sebuah rencana pendakian gunung Kenya digagas oleh Arthur dan Diana,mereka pun mengajak serta Patrick dan Margaret. Ada pasangan lainnya dari Belanda, Willem dan Saartje yang ikut juga. Tanpa disadari Margaret, Arthur mendekatinya. Sebelum pendakian,Arthur sempat memberikan perhatian yang lebih ke Margaret.

Ketika suatu malam di pendakian, tangan Arthur mengenggam tangannya Margaret hingga keesokan paginya tangan mereka saling menggengam. Patrick menanyakan apa yang terjadi antara istrinya dengan Arthur. Sementara Arthur bertengkar hebat dengan Diana. Perjalanan menuju puncak gunung Kenya dilanjutkan. Ketika memanjat glacier,Diana melepaskan ikatan tali pengamannnya dan tidak menghiraukan guide. Ia jatuh terhempas dan meninggal seketika. Walaupun kematian tersebut disebabkan oleh Diana sendiri,secara tak langsung anggota rombongan lain menganggap Margaret bertanggung jawab atas kematian Diana. Bahkan Patrick ikut menyalahkannya. Karena Margaret lah yang menyebabkan Diana emosi sehingga dia gegabah dan tidak menghiraukan guide. Sepeninggalan Diana, Arthur dan anak-anaknya kembali ke Inggris. Dan pasangan Belanda Willem & Saartje pulang ke negara asalnya.

Kecelakaan pendakian di Gunung Kenya juga berimbas ke pernikahan mereka. Patrick tenggelam dengan kesibukan di rumah sakit. 3 bulan berlalu,Margaret memutuskan untuk bekerja. Ia melamar ke surat kabar yang cukup fenomenal di Kenya. Ia diterima sebagai fotografer freelance. Sejak itu kesibukan Margaret terisi dengan mendampingi wartawan ke lapangan. Salah satu yang sering ia dampingi bernama Rafiq. Seorang keturunan pakistan yang merasa dirinya orang Afrika. Rafiq sangat concern dengan dunia pendidikan,baginya menjadi wartawan adalah cara untuk lebih mengerti kondisi negaranya. Kedekatan mereka di pekerjaan membawa keduanya dalam hubungan. Walaupun Margaret tidak pernah mencium,memeluk ataupun bertindak lebih jauh,secara hati Margaret telah mengkhianati Patrick. Ia kerap memikirkan partner kerjanya tersebut. Rafiq di deportasi dari Kenya berkaitan dengan pemberitaan pembantaian mahasiswa oleh pemerintah Kenya.

Hidup Margaret terus berlanjut di Nairobi. Kawan datang silih berganti. Kevin dan Everdene,pasangan ekspat yang baru datang dari Inggris. Kali ini Patrick mengajak sekali lagi untuk mendaki gunung Kenya. Bagi Margaret sebenarnya trauma dengan gunung Kenya. Dalam pendakian,Margaret berhenti sebentar di tempat jatuhnya Diana. Pada akhirnya yang berhasil mencapai puncak Gunung Kenya dari kelompok pendakian hanya Margaret seorang.

Gambaran Kenya yang saya dapat melalui mata ekspatriat seperti Margaret yaitu negara yang tidak aman,kriminalitas yang tinggi,pungli merajalela.Walaupun dibalik itu terdapat wajah-wajah Afrika yang mudah tertawa. Novel ini dibagi tiga bagian yang mempunyai konflik masing-masing tapi menurut saya,konflik-konfliknya berakhir menggantung. Tidak ada percik-percik dari konflik tersebut yang mengejutkan pembaca. Masalah Margaret-Arthur selesai ketika Arthur dan keluarganya kembali ke Inggris. Kisah cinta terpendam Margaret-Rafiq selesai setelah Rafiq dideportasi. Patrick pun sempat dicurigai oleh Margaret ada affair dengan koleganya,Elena tapi tidak dikembangkan lebih lanjut.

View all my reviews

2 comments:

  1. "Pada akhirnya yang berhasil mencapai puncak Gunung Kenya dari kelompok pendakian hanya Margaret seorang."

    Loh, loh kok bisa? Apa yg terjadi dg teman sekelompoknya? Bukannya patrick juga ikutan mendaki bersama ya? *kepo* hehe

    ReplyDelete
  2. Patrik, Kevin dan Everdene sebelum puncak udah kecapekan. Margaret dipandu oleh guidenya berhasil mencapai puncak gunung Kenya. :)

    ReplyDelete

Thank your for leaving comment. :)