Pages

Thursday, January 7, 2016

2015 : My Year in Books

Di antara resolusi buku tahun 2015 yang tercapai dengan sukses hanya Goodreads Reading Challenge. Target bacaan memang tidak muluk-muluk di angka 77. Biasanya rata-rata jumlah buku yang saya baca tiap tahunnya kurang lebih segitu. Seminggu sebelum 2015 berakhir saya sempat deg-degan karena masih kurang 11 buku lagi. 


2013- 2015 Reading Challenge

Ada dua bulan lamanya saya mengalami reading slump. Setiap buku yang saya baca stuck dan saya letakkan kembali ke rak buku. Bagaimana menyelesaikan 11 buku dalam satu minggu ? Sementara buku yang sedang dibaca adalah Cantik itu Luka, yang cukup tebal bukunya. Saya membaca novel-novel remaja dan romance lokal. Ketimbang membaca sosial media, saya buka aplikasi perpustakaan digital Ijakarta. Akhirnya saya menyelesaikan reading challenge tepat pada tanggal 31 Desember 2015. Fiuuh legaaaa..

Personal Library Visit Project 2015

Personal challenge untuk mengunjungi 7 perpustakaan umum di 2015 hanya tercapai 3 saja. Yang saya tuliskan baru pengalaman mengunjungi Library@Orchad. Dua perpus lainnya yaitu perpustakaan Freedom Institute dan Erasmus Huis. Sewaktu saya sedang menulis postingan Perpustakaan Freedom Institute terdengar kabar bahwa perpustakaan ditutup sampai waktu yang tidak ditentukan. Sedih banget! Rasanya saya patah hati pas kemarin melewati wisma Proklamasi. Perpustakaan yang ramai pengunjung di hari Sabtu itu pun tinggal kenangan. Selanjutnya saya tidak menargetkan jumlah secara khusus, kunjungan ke perpustakaan akan tetap dilanjutkan dan dishare ke blog ini. 

@ Perpustakaan Umum Freedom Institute

Untuk Read Big Challenge yang membaca buku minimal 500 halaman, saya membaca 5 buku ‘bantal’.


- Wedding night (Sophie Kinsela) : 592 halaman
- Sang Partner (John Grisham) : 592 halaman
- The Casual Vacancy (JK Rowling) : 593 halaman
- Horison Sastra Indonesia 2 : Kitab Cerita Pendek : 754 halaman. *buku paling tebal di 2015
- Gabriela, Cengkih dan Kayu Manis(Jorge Amaddo) : 660 halaman 

Resolusi buku 2016 yaitu menuntaskan buku-buku yang belum tuntas, yang sampul plastiknya belum dibuka, yang sudah menjadi penghuni manis rak buku dari tahun 2007. Goodreads reading challenge tetap dengan jumlah 77 buku. Saya tetap melanjutkan Sastra Dunia Reading Challenge. Semoga review dan blogging nya bisa konsisten di 2016. Menurut data goodreads saya memiliki buku to-read sekitar 278 buku. Dengan rata-rata buku yang dibaca tiap tahunnya sekitar 77 tahun berarti butuh 3,5 tahun untuk menyelesaikannya. Itu pun dengan catatan tidak ada penambahan buku baru. Hahahaha. xp *yang tentu saja tidak mungkin 


Happy reading 2016 !

No comments:

Post a Comment

Thank your for leaving comment. :)