Pages

Wednesday, August 20, 2014

Orang Asing






Judul : Orang Asing

Penulis : Albert Camus

Penerjemah : Apsanti Djokosusanto

Penerbit : Yayasan Obor Indonesia

Tahun Terbit : 2013




Laut meniupkan hembusan yang pekat dan bergelora. Aku merasa seakan-akan langit seluruhnya menganga dan mencurahkan hujan api. Seluruh diriku meregang, dan aku menekankan tanganku pada pistol. Pelatuk tertekan, aku menyentuh bagian tengah gagang pistol yang licin, dan saat itulah, dalam suara yang sekaligus kering, semua itu dimulai.


Mersault baru saja kehilangan ibunya yang ia masukkan ke panti wredha. Ia tidak terlalu berduka, ekspresinya cenderung datar saat menghantarkan ibu ke peristirahatan terakhir. Kembali dari cuti, ia bertemu dengan Marie dari keisengannya di pantai berlanjut ke pertemuan lainnya. Raymond, tetangga apartemennya membicarakan tentang perempuan yang ia nafkahi tanpa dinikahi. Perempuan tersebut dikatakan bertindak curang, menghambur-hamburkan uangnya dan mengatakan uang yang diberikan Raymond tidak cukup. Suatu hari Raymond bertengkar dengan perempuannya yang berakhir dengan pemukulan. Raymond bebas dari pengadilan dibantu oleh kesaksian Mersault. 


Raymond mengajak Mersault dan kekasihnya, Marie mengunjungi temannya yang rumahnya di tepi pantai. Disana mereka bertemu saudara perempuannya mantan Raymond. Pria arab itu menyayat mulut dan lengan Raymond. Mersault menembak mati orang tersebut setelah Raymond diobati.


Di pengadilan, Mersault diinterogasi mengenai ibunya. Mengapa ia titipkan ke panti werdha? Direktur yayasan dan seorang pegawai menjadi saksi di pengadilan. Orang yang sehari setelah kematian ibunya melibatkan diri dalam petualangan yang paling memalukan, telah membunuh untuk alasan yang sepele dan untuk menyelesaikan sebuah persoalan mesum yang paling rendah. Saksi-saksi yang meringankan Mersault tidak terlalu didengar.
 


2 comments:

  1. hahaha..belum tuntas nih kayaknya reviewnya :D

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Thank your for leaving comment. :)