Pages

Monday, January 16, 2017

Tentang Kamu


Judul  : Tentang Kamu
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tahun Terbit : 2016
Jumlah Halaman : 524 Halaman


Seorang wanita tua meninggal dunia di panti jompo Paris. Wanita tua ini meninggalkan harta warisan yang tidak sedikit. Kantor hukum Thomson & co yang berpusat di London mempercayakan kasus ini pada associate mereka, Zaman Zulkarnaen. Wanita ini mempunyai kewarganegaraan Inggris dan bernama, Sri Ningsih. Sebuah nama Indonesia.

Apakah Sri pernah menikah? Apakah Sri mempunyai anak? Tugas Zaman adalah mencari ahli waris yang berhak atas warisan sebesar 17T. Zaman tidak membuang-buang waktu. Ia harus segera menemukan ahli waris Sri Ningsih atau  harta tersebut akan dialihkan menjadi milik Ratu Inggris. Identitas Sri Ningsih sangat minim sekali. Orang-orang di panti jompo mengenalnya orang yang periang dan mudah bergaul. Satu-satunya petunjuk Zaman adalah diary tulisan tangan Sri yang berisi 10 halaman berikut foto hitam putih Sri. Tidak disangka penelusuran Zaman menghasilkan kisah yang luar biasa.

Tujuan pertama Zaman adalah sebuah kampung nelayan di Pulau Bungin, Nusa Tenggara Barat. Informasi yang didapat dari tetua kampung yaitu Sri yatim piatu. Ibunya meninggal dunia ketika melahirkannya. Ayahnya menikah lagi tapi di usia 9 tahun kapal ayahnya tenggelam di perairan Bali. Hidup Sri bersama ibu tiri dibawah tekanan. Ia kerap dipecut dan diperlakukan kasar karena kesalahan sepele. Musibah berikutnya rumah terbakar habis dan menewaskan ibu tirinya. Sri meninggalkan Bungin bersama adik sebapaknya, Tilamutu  menuju Pesantren di pedalaman Pulau Jawa. 

Pertanyaan Zaman bagaimana Sri bisa memiliki kepemilikan saham 1% dari perusahaan multinasional terjawab dalam fase hidup Sri di Jakarta. Ibukota sekali lagi menguji kesabarannya. Sri memulai dari nol hingga ia berhasil memulai bisnis yang agak mapan namun kandas dalam satu hari, kelak peristiwa tersebut dikenal dengan sebutan Malari. Sri orang yang cerdas dan memiliki insting bisnis yang tajam. Walaupun ia tidak mengecap perguruan tinggi, kegigihannya betul-betul seperti sifat ayahnya yang pelaut tangguh. Sri pindah ke pinggiran Jakarta, bekerja di pabrik sabun hingga ia mendirikan pabrik sendiri. Tanpa ada yang tahu alasannya, Sri menjual 100% pabrik sabunnya dengan transaksi stock swap.  Lalu, Sri menghilang. Ada mata rantai yang hilang bagaimana Sri bisa menjadi warga negara Inggris. Zaman kembali ke Inggris. Pencarian melalui data kependudukan imigran tidak membuahkan hasil yang maksimal. Apakah pencarian Zaman berhasil ?

Karena saya suka membaca karya-karya Tere Liye dari awal, saya cukup hafal dengan gaya penulisannya. Ceritanya seperti gabungan antara suspense ala Negeri Para Bedebah dan drama keluarga seperti serial Anak-anak Mamak. Pembaca bisa hanyut dalam pengejaran Zaman yang berkejaran dengan waktu. Lalu, pembaca bisa terenyuh dengan perjalanan hidup Sri Ningsih yang memberi inspirasi mengenai hakikat bersabar. Dengan kepemilikan saham multinasional yang bernilai lipat ganda seiring berjalannya waktu, Sri bisa saja menjadi orang terkaya di Indonesia. Sri lebih memilih hidup sederhana, jauh dari sorotan dan tetap bekerja keras hingga hari tuanya. 

Selemah apa pun fisik seseorang, semiskin apa pun dia, sekali di hatinya punya rasa sabar, dunia tidak bisa menyakitinya. Tidak bisa.


1 comment:

  1. Buku ini memiliki banyak pelajaran hidup yang bisa dipraktikan.

    http://bukuhapudin.blogspot.co.id/2016/12/tentang-kamu-yang-menelan-kepedihan.html

    ReplyDelete

Thank your for leaving comment. :)