Pages

Thursday, February 13, 2014

Fangirl


 Judul : Fangirl

Penulis : Rainbow Rowell

Cath dan Wren adalah anak kembar yang baru saja memasuki dunia kuliah. Jika sedari kecil mereka selalu bersama kemana-mana, mereka memutuskan tinggal terpisah. Cath dan Wren dibesarkan oleh ayah. Ibu keduanya meninggalkan rumah saat mereka berusia delapan tahun. Cath mempunyai teman sekamar bernama Reagan. Cath berkenalan dengan Levi, mantan pacar Reagan yang kini menjadi teman baiknya dan sering mengunjungi kamar mereka berdua. Di kelas menulis, Cath bertemu dengan Nick yang kemudian menjadi partnernya dalam proyek menulis 10.000 kata. Cath dan Nick mengerjakan tugas mereka di perpustakaan. Kadang-kadang Levi menawarkan bantuan menjemput Cath dari perpustakaan.

Berbeda dengan Wren telah beradaptasi dengan lingkungan kampus, Cath agak introvert dan lebih suka mengurung diri di kamar menulis fanfiction Simon Snow. Levi sering mendatangi kamar asrama walaupun Reagan sedang tidak berada di kamar. Di luar dugaan, Levi mau mendengarkan Cath membacakan kisah Simon Snow versi dirinya sendiri. Cath rutin mempublikasikan fanfiction di Fanfixx dari nama user Magicath. Profesor Piper dosen kelas menulis fiksinya hingga memanggil Cath  karena menulis Simon Snow. Cath diharapkan bisa menulis karakternya sendiri. Jemari Cath lebih lancar saat ia menulis tentang Simon, Baz, Agatha. Tokoh-tokoh tersebut memang milik penulisnya, Gemma T Leslie, akan tetapi ceritanya merupakan hasil imajinasi Cath. Ia merasa lebih rileks menulis fanfiction ketimbang menulis untuk tugas kuliahnya.

Tumbuh besar tanpa kehadiran sosok Ibu membuat Cath sangat dekat dengan Ayahnya. Apalagi ia masih mengingat bagaimana pertengkaran orang tua mereka dan hari dimana ibunya pergi meninggalkan mereka. Tiba-tiba Ibu mereka kembali menghubungi Ayah mereka dan Wren mulai menjalin berkomunikasi dengan Ibu. Cath tidak mudah menerima kehadiran ibunya lagi. Ayahnya mengalami ketidakstabilan jiwa semenjak kepergian ibunya. Saat ayahnya kembali masuk rumah sakit, Cath sempat ingin kembali ke Omaha. 

Memang Cath tidak mempunyai banyak teman, tidak suka pesta, tidak minum alkhohol, dan mempunyai ketakutan berada diantara banyak orang. Levi menunjukkan perhatian yang lebih kepada Cath. Namun Cath menjaga jarak karena mengira Levi adalah pacar Reagan. Ketika Cath mulai ada perasaan suka pada Levi, ia malah menangkap basah Levi sedang bersama cewek lain. Apakah Cath memberikan Levi kesempatan kedua ?


Kalau lagi site visit, saya lebih memilih bacaan-bacaan ringan. Kemarin tidak sempat memilih-milih buku jadi saya melirik ebook yang masih stuck. Fangirl adalah karya kedua dari Rainbow Rowell yang saya baca. Jika dibandingkan dengan Eleanor & Park, saya lebih menyukai Fangirl ini. Mungkin karena Cath suka menulis dan bagaimana ia bersemangat jika membicarakan Simon dan Baz. Tokoh Levinya juga so sweet banget, tipikal cowok yang disuka. Hahaha. Cerita Simon Snow kira-kira seperti Harry Potter di dunia Cath.  Saya suka sekali bagaimana Profesor Pipper memberikan semangat dan saran agar Cath menulis ceritanya sendiri. Lock yourself away from the world. Turn off the Internet, barricade the door. Write as if your life depended on it.

1 comment:

  1. Wow, kalimat penutupnya menarik ya. Lock yourself away from the world. Turn off the Internet, barricade the door. Write as if your life depended on it.
    Hhmmmmm..
    can't wait to do! :)

    ReplyDelete

Thank your for leaving comment. :)