Pages

Saturday, February 1, 2014

Dekut Burung Kukuk


Judul : Dekut Burung Kukuk (The Cuckoo's Calling)

Penulis : Robert Galbraith

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : 2013



Adik saya kata orang bunuh diri tapi saya tak percaya.

Lula Landry, supermodel terkenal, ditemukan tewas terjatuh dari balkon apartemennya. Ia diduga melakukan bunuh diri. Kakak angkatnya, John Bristow datang ke kantor detektif partikelir Cormoran Strike untuk meminta penyelidikan kematian Lula. John tidak percaya adiknya bunuh diri. Dari rekaman CCTV yang di luar apartemen menunjukkan keanehan sekitar waktu kejadian. Kecurigaan John diperkuat oleh keterangan dari Tansy Bestigui yang mengatakan ada seseorang di kamar Lula saat tubuh model tersebut terhempas ke bawah.

Cormoran Strike perawakan tinggi besar. Ia mantan militer dari cabang khusus, yang meninggalkan angkatan darat karena cedera kaki. Strike cukup dikenal sebagai anak rocker terkenal dengan penggemarnya. Strike sendiri sedang mengalami masalah pribadi. Ia baru saja putus dari tunangannya, terbelit hutang dan tidak mampu menyewa tempat tinggal yang layak sehingga harus tidur di kantor. John Bristow menawarkan bayaran yang menarik yang dapat menyelamatkan kondisi keuangan Strike. Kasus Lula Landry datang bersamaan dengan sekretaris baru dari jasa outsourcing, Robin Ellacott.

“Yang mati hanya bisa berbicara melalui mulut orang-orang yang ditinggalkan, dan melalui tanda-tanda yang terserak di belakang mereka.”

Strike mulai mengumpulkan informasi dari data-data kepolisian yang ia dapatkan dari "orang dalam", orang-orang terdekat dan saksi-saksi. Kehidupan Lula Landry sebagai selebriti selalu menjadi sasaran empuk untuk paparazzi. Mulai dari asmaranya yang putus nyambung dengan aktor pecandu narkoba, Evan Duffield. Pertemanan dengan desainer Guy Some dan model Ciara Porter. Kisah hidupnya sebagai anak adopsi keluarga Bristow. Menariknya jauh dari dunianya yang glamour, Lula mempunyai teman akrab yang tuna wisma bernama Rochelle Onifade. Sebelum meninggal dunia, Lula sempat menelusuri akarnya dengan mencari keberadaan orang tua kandungnya.  Ia telah bertemu ibu kandungnya, Marlene Higson, yang hidup miskin dan menjual ceritanya ke media. 

Apa yang sebenarnya terjadi di balik kematian Lula Landry ?

Dari cara pengumpulan informasi dan penyelesaian kasus, saya teringat pada Agatha Christie. Pembaca agak bersabar untuk menebak siapa pelakunya. Detail - detailnya diberikan secara perlahan-lahan. Saya agak kaget juga dengan beberapa kata terjemahan dalam buku ini. Mungkin dalam bahasa Inggrisnya memang sudah kasar.  Chemistry antara Robin dan Strike membuat cerita sedikit ada nuansa merah jambunya. Walaupun Robin sudah memiliki tunangan dan Strike masih memikirkan mantan tunangannya. Faktor penulisnya mungkin yang menarik minat saya,Roberth Galbraith alias JK Rowling.  

------


Ketika paket datang dan melihat alamat pengiriman dari Surabaya, saya tahu ini dari Mbak Maria - Hobby Buku. Saya tahu Mbak Maria membuka PO untuk The Cuckoo's Calling. Itu lah sebabnya paketnya datang molor dari deadline dan baru bisa saya terima setelah balik dari site. Saya perhatikan juga X yang mendapat Dekut Burung Kukuk, kurang lebih kertas dan tulisannya sama. Ok, fixed kirimannya dari Mbak Maria tapi gimana kalau emang riddlenya dari Mbak Maria sendiri.*ada juga yang mengaku Santa saya di Instagram. Hihihi.

Aku adalah potongan-potongan yang bisa kau temukan dimana saja, *potongan kertas? halaman ?*
Entah di beberapa ilmu pengetahuan, *nah lho..bukan kertas berarti*
Namun dapat pula terselip di benda-benda elekronik bahkan di sebuah film, *hmmm..berpikir keras*
Tapi bila kau telah lelah mencariku karena begitu jauh,
Ambillah waktu sejenak tuk beristirahat di atas kasur,
Dan pasti kau kan menemukanmu…  *buku? bantal? mimpi?*

Santa..Santa..Who are you ?

Apakah riddle mengacu ke nama atau alamat blog ya riddlenya ini ? Riddle bikin mikirnya kemana-mana. Saya sempat menduga seseorang eh ternyata dia tidak ikut SS 2013. Aak,,payah banget deh mecahin riddle. Pengen kasih riddle ke Cormoran Strike deh. Hahaha. Jadi siapa dong kamu Santa ? *hopeless. Saya menebak Santa saya adalah : Notes of Dreamer - Sabrina Zheng.

3 comments:

  1. keren artikelnya bermanfaat, Recomended pokoknya ! cepat jaya gan !!

    ReplyDelete
  2. Bwahahhaha.......... ternyata daku tak tertebak... :)
    Sebenarnya saya juga bingung pas mau bikin riddlenya lho mba.
    Jd ku ambil saja dari namaku, hehehe... gak tau juga bener apa nggak. :))
    potongan2 = matriks...
    nyempil di ilmu pengetahuan = kan ada tuh matriks di matematika sama di biologi :))
    benda2 elektronik = ada kan ya yang merk Matrix?
    film = The Matrix
    jauuh = hehe.. saya kan anggota BBI yang termasuk cukup jauh..
    kasur = matras...

    Hehehe.. maksa ya riddlenya...
    Pokoknya senang deh bisa jadi Santanya Mba Azia...

    Oh ya, saya baca si Kukuk ini beberapa kali berhenti di awal.. *susah muve on dari si Harpot.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampuuuun,,saya ga kepikiran sama sekali klo jawabannya matriks. Wkwkwk. Terima kasih ya Dekut Burung Kukuknya, Mbak. ^^

      Delete

Thank your for leaving comment. :)