Pages

Friday, January 11, 2013

Membaca Sastra Indonesia 2013


Saya kembali berpartisipasi ‘Membaca Sastra Indonesia 2013’ yang dihost oleh Mbak Made Melani.  Saya senang sekali dengan event ‘Membaca Sastra Indonesia’ ini. Buku-buku sastra memang mendominasi rak buku saya, jadi bisa sejalan dengan kegiatan membaca saya.




Aturannya sebagai berikut : 

Kamu bisa memilih mau membaca sastra Indonesia klasik, atau kontemporer, atau keduanya (klasik dan kontemporer)

1.   Tentukan sendiri target jumlah buku yang mau kamu baca untuk kategori yang kamu pilih, atau untuk masing-masing kategori (kalau kamu pilih keduanya). Berapa pun jumlah buku, tak masalah. Yang penting adalah pengalaman membaca dan mengapreasi (baca: mengkritisi), serta berpendapat atas hal yang kamu baca. 
2.      Periode membaca adalah dari Januari 1 sampai Desember 31, 2013.
3.      Genre buku yang dibaca boleh apa saja, fiksi maupun non-fiksi (disarankan yang bersifat humaniora), asal merupakan karya penulis Indonesia. Buku yang kamu baca boleh digabungkan ke reading challenge (yang lain) yang kamu ikuti.
4.      Tuangkan pendapat kamu atas buku yang kamu baca dalam posting di blog kamu (tidak harus punya blog khusus buku). ‘Review’ tidak melulu harus panjang dan formal, kamu bebas mengungkapkan pendapat kamu dalam bentuk posting yang kamu sukai.
5.      Pasang button “Membaca Sastra Indonesia 2013 – Klasik & Kontemporer” di side bar blog kamu, supaya kita juga langsung tahu mengenai keikutsertaan blog kamu di inisiatif ini.


Berapa banyak buku yang akan dibaca terserah partisipan. Saya memilih kedua kategori, klasik dan kontemporer. Saya tidak menargetkan mau baca berapa buku. Kalau bisa sebanyak mungkin (dibaca dan direview),hehehe. Melirik personal challenge di tab sebelah, saya sudah menargetkan membaca buku-buku Mochtar Lubis. Tapi tidak terbatas pada penulis favorit saya tersebut, saya juga ingin membaca karya-karya penulis yang lain. Membaca Sastra Indonesia tidak hanya membuka wawasan saya tentang kebudayaan, sejarah, dan masalah sosial yang ada di Indonesia tapi bisa dikatakan wujud apresiasi terhadap Sastra Indonesia. Untuk tahun ini saya ada tantangan tersendiri yaitu mencoba membaca buku puisi.

Yuk gabung 'membaca sastra Indonesia 2013'! J

3 comments:

Thank your for leaving comment. :)