Pages

Thursday, October 17, 2013

Kitab Suci Kesatria Cahaya


Judul : Kitab Suci Kesatria Cahaya

Penulis : Paulo Coelho

Penerbit :  Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : Oktober 2013


“Engkau bisa mengenali seorang kesatria cahaya dengan melihat ke dalam matanya. Para kesatria cahaya berada dalam dunia, mereka menjadi bagian dari dunia, dan mereka dikirim ke dunia tanpa ransel dan sandal.”

Sebelum memulai pertempuran penting, kesatria cahaya bertanya pada dirinya sendiri. “Seberapa jauh aku telah mengasah dan mengembangkan kemampuan - kemampuanku”. Para pemenang tak pernah melakukan kesalahan sama untuk kedua kali. Itulah sebabnya sang Kesatria hanya mempertaruhkan hatinya untuk hal-hal yang memang layak diperjuangkan.

 Kesatria cahaya kadang-kadang berperilaku seperti air, mengalir memutari penghalang-penghalang yang dijumpainya. Aliran air sungai menyesuaikan dirinya dengan alur apapun yang tampak mungkin, tetapi sang sungai tak pernah melupakan tujuannya, yakni laut. 

Kesatria cahaya bukan tanpa cacat. Kadang ia pun merasa takut dan putus asa. Ia pun bisa keliru dan mengakibatkan ia terjatuh ke dalam jurang. Ia berkomunikasi dengan gurunya. “Guru, aku telah terperosok ke jurang yang dalam”. “Engkau tidak mati tenggelam hanya karena tercemplung ke dalam air, tetapi engkau akan mati tenggelam jika tetap berada di bawah permukaan air”. Kesatria cahaya menggunakan seluruh kekuatannya untuk menyelamatkan diri dari keadaan yang serba sulit itu.

Jadi, siapakah kesatria cahaya? Setiap orang mampu melakukan hal-hal dalam "Kitab Suci Kesatria Cahaya". Dan, walau tak seorang pun merasa dirinya sebagai kesatria cahaya, kita semua adalah kesatria cahaya.

Berbeda dengan karya-karya lainnya, Kitab Suci Kesatria Cahaya tidak berupa cerita seperti novel-novel yang ditulisnya. Paulo Coelho menerangkan segala sesuatu mengenai kesatria cahaya. Mungkin sejenis dengan Like The Following River. Paulo Coelho menuturkan bagaimana kesatria cahaya bersikap, berpikir dan berdoa. Semua orang bisa menjadi kesatria cahaya. Sekali-kali saya memposisikan diri menjadi kesatria cahaya dan ternyata cukup sulit untuk menjadi setangguh kesatria cahaya.


1 comment:

Thank your for leaving comment. :)