Pages

Tuesday, August 26, 2014

Mencari Emas




Judul : Mencari Emas

Penulis : Jean-Marie Gustave Le Clezio

Penerjemah : Ida Sundari Husen

Penerbit : Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tahun Terbit : 2013



Alexis dibesarkan di lembah Boucan, kepulauan Mauritius. Sebuah daerah yang terletak di antara perkebunan tebu dan laut terlihat dari kejauhan. Rumah besar mereka hanya dihuni oleh ayah ibu dan kakak perempuan Alexis, Laurie. Di belakang rumah mereka tinggal Kapten Cook. Alexis dan Laure mendapat pelajaran di rumah oleh ibunya. Alexis bermain bersama cucunya, Denis. Denis mengajari Alexis tentang langit, laut, gua-gua di kaki gunung, ladang yang sudah dipanen. Ferdinand, sepupunya Alexis menjuluki dia orang hutan dan ayahnya Paman Ludovic yang mencemooh dennis terbuat dari aspal karena jiwa dan kulitnya hitam. Alexis marah dan menyerang Ferdinand yang akhirnya dimenangkan oleh Ferdinand.

Ayah Alexis bangkrut dan mereka meninggalkan lembah Boucan.  Mimpi Ayah alexis untuk menyalurkan listrik ke bagian wilayah barat porak-poranda saat topan merusak generator pembangkitnya. Kebangkrutan tak bisa dihindari. Tanah, kebun dan rumah yang dijaminkan untuk proyek tersita. Alexis dan sekeluarga meninggalkan Lembah Boucan dan pindah ke Forest Side. Kakak perempuannya Laurie meninggalkan sekolah untuk membantu ibunya di rumah. Keadaan mereka miskin, Alexis mendapat beasiswa ke College Royal. Suatu malam Ayahnya mendapat serangan jantung dan meninggalkan semuanya dalam keadaan miskin.

Alexis mempunyai kenangan dan obsesi terhadap laut. Ayahnya pernah menceritakan harta bajak laut yang disembunyikan di pulau Rodrigues. Di sekolah, Alexis menghabiskan waktunya di perpustakaan tenggelam dalam kisah-kisah bajak laut dari seluruh dunia. Beasiswanya habis. Alexis menggantikan posisi ayahnya di kantor tapi obsesinya untuk mencari harta karun bajak laut tidak sirna. Adalah Kapten Bradmer yang memberikan kesempatan Alexis berlayar dengan kapal tua yang eksotik bernama Zeta.

Hawa kapal yang lembap, panas dan banyak kecoak berkeliaran tidak membuat Alexis tidak betah. Alexis menemukan kenyamanan dalam pelayaran Zeta.  Tujuannya adalah pulau Rodrigues. Peta-peta tua ayahnya disalin dan disimpan di kopor tua yang ia bawa. Alexis berkhayal membawa pulang emas dan permata untuk ibu dan kakaknya, mengembalikan mereka ke rumah besar di Lembah Boucan. Tepat sebulan dari pertama kalinya Alexis mengarungi laut, akhirnya ia sampai di Pulau Rodrigues. Alexis mengucapkan salam perpisahan dengan Kapten Bradmer dan Kapal Zeta.

Alexis berusaha memecahkan petunjuk bajak laut yang penuh teka teki. Ia memeriksa pohon, batuan karang di Teluk Inggris. Di mata penduduk Rodrigues, ia telah dikenal sebagai pencari emas yang bekerja sendirian di daerah yang bernama Teluk Inggris. Ouma gadis suku Manaf yang menghampirinya saat Alexis pingsan karena dehidrasi. Ouma kadang datang dengan adiknya yang bisu. Orang Manaf tidak diperbolehkan bertemu dengan orang pesisir tapi Ouma datang dan pergi secara misterius. Pencarian emas Alexis tidak menghasilkan sementara uang dan persediaan semakin menipis.

Di benua Eropa, perang dunia pertama baru saja dimulai. Alexis meninggalkan Pulau Rodrigues mendaftarkan dirinya untuk bergabung sebagai tentara. Selama dua tahun dalam kurun waktu 1915-1916, Alexis berada di garis depan pertempuran. Hari-hari kelabu yang sarat dengan bau kematian. Satu per satu teman yang ia kenal gugur dalam perang. Alexis dipulangkan dari medan perang karena terjangkit penyakit tifus. Di Port Louis, Laurie telah menunggunya. Sejak kepergiannya ke Pulau Rodrigues, Ibunya sudah sering sakit-sakitan di rumah mereka yang mulai bobrok.


Rasanya tidak bosan mengikuti perjalanan hidup Alexis. Salah satunya daya tariknya adalah setting cerita yang mengambil kondisi Kepulauan Mauritius di awal tahun 1900-an. Penduduk Mauritius sangat multikultural. Orang kulit putih menguasai bidang pemerintahan dan perekonomian. Pekerja perkebunan gula berasal dari India. Penduduk pribumi masih dianggap primitif. Tokoh Alexis bersahabat dengan Denis yang berkulit hitam dan jatuh cinta dengan Ouma. Sebetulnya selalu ada pergesekan kelas sosial tapi hanya dibahas sepintas.

Penulis J.M.G Le Clezio menerima nobel sastra pada tahun 2008. Le Clezio memiliki dwi kewarganegaraan yaitu Perancis dan Mauritius. Karyanya merupakan bagian dari francophone,kesustraan negara berbahasa Perancis termasuk di dalamnya Kanada, Belgia, Swiss, dan negara-negara Afrika bekas jajahan Perancis.

 

No comments:

Post a Comment

Thank your for leaving comment. :)