Pages

Friday, October 25, 2013

Wuthering Heights


Judul : Wuthering Heights

Penulis : Emily Bronte

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : 2011

Heathcliff, anak yatim piatu, ditemukan oleh Mr Earnshaw dalam suatu perjalanan bisnis ke Liverpool. Mr Earnshaw membawa pulang Heathcliff ke Wuthering Heights. Dua anaknya, Hindley dan Catherine, memberikan sambutan yang saling bertolak belakang. Hindley sangat tidak menyukai Heathcliff yang tidak berpendidikan dan kasar. Sementara Catherine seperti menemukan teman bermain yang cocok dengan karakternya. Semasa hidup Mr Earnshaw, Heathcliff menjadi anak kesayangan beliau. Hal ini menuai kebencian dari Hindley.

Tak jauh dari Wuthering Heights berdiri Thrusscross Grange yang merupakan rumah dari keluarga Lipton. Suatu ketika, Catherine dan Heathcliff tersesat ke wilayah tetangga mereka. Catherine bertemu dengan Edgar Lipton dan adiknya, Isabel Lipton. Tingkah laku Edgar lebih sopan dan terdidik. Kedekatan Catherine dan keluarga Lipton membuat Heathcliff tersingkir. Apalagi setelah meninggalnya Mr Earnshaw dan Hindley yang menjadi tuan rumah. Ia bertindak semakin semena-mena terhadap Heatcliff. Mereka saling membenci satu sama lain. Heathcliff mencurahkan kemarahannya dengan bekerja sampai ia menghilang dari Wuthering Heights.

Catherine menikahi dengan Edgar Lipton. Tiga tahun tak ada kabar, Heathcliff kembali ke Wuthering Heights. Ia membawa uang yang cukup banyak. Situasi Wuthering Heights sudah berubah banyak. Hindley ,yang kehilangan istrinya di usia muda, tenggelam dalam judi dan alkohol. Ketergantungan Hindley dimanfaatkan oleh Heathcliff dengan meminjamkan uangnya. Pelan-pelan Heathcliff menjalankan balas dendam atas perlakuan yang ia dapatkan sewaktu remaja. Kasih tak sampainya kepada Catherine membawa kebencian yang besar kepada Edgar Lipton. Sementara Isabel, adik Edgar lipton jatuh cinta dengan Heathcliff. Karena Edgar tidak akan menyetujui adiknya jatuh ke pelukan Heathcliff, mereka kawin lari. Bagi Heathcliff, wanita yang dicintainya adalah Catherine. Ia menggunakan Isabel untuk menyakiti hati Edgar. Sayang Catherine meninggal dunia ketika melahirkan anak perempuannya.

Ceritanya berlanjut ke anak-anak mereka. Hareton Earnshaw, anak dari Hindley, dipekerjakan oleh Heathcliff karena Wuthering Heights menjadi miliknya setelah Hindley meninggal dunia. Ia dibiarkan tidak berpendidikan dan kasar. Anak Catherine dengan Edgar yang dinamakan sesuai ibunya, Catherine Lipton memiliki keberanian yang sama seperti dimiliki ibunya. Sementara anak dari Isabel Lipton dan Heathcliff memiliki kesehatan yang rapuh, lemah dan cengeng.
  
Suram, kelam, dingin, penuh dendam kesumat. Inilah kesan saya saat membaca buku ini. Tidak ada kah hal lain yang dibahas selain kebencian dari seorang Heathcliff. Oh mungkin karena settingannya di pedesaan terpencil sehingga yang dibahas hanya dua keluarga yang berdekatan ini. Namun saya tetap meneruskan buku yang sudah 2 tahun menghuni rak buku saya. Pasti ada sesuatu yang membuat cerita ini menjadi karya klasik dan mengilhami banyak buku lainnya. Karakter-karakter dalam buku ini tidak ada yang membuat saya bersimpati.


Setelah menutup buku ini baru lah saya mengerti. Whoaah luar biasa! Cerita yang bikin geregetan di sepanjang membacanya ini bisa membuat saya berbalik menyukainya di akhir halaman.

No comments:

Post a Comment

Thank your for leaving comment. :)