Pages

Friday, March 20, 2015

La Barka







 Judul : La Barka

Penulis : Nh. Dini

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : 2010


Rina datang ke La Barka atas undangan teman baiknya, Monique. La Barka terletak di Perancis Selatan, dekat dengan kota wisata Nice dan Cannes yang terkenal. Rina sedang proses perceraian dengan suaminya. Ia membawa serta anaknya. Pernikahannya bermasalah semenjak lahirnya anak mereka. Sewajarnya anak menjadi perekat hubungan suami istri. Suami Rina tidak menyukai anak kecil dan mulai sering meninggalkan rumah. 

Monique tinggal seorang diri di La Barka. Suaminya Daniel bekerja di Afrika. Monique dan Rina sudah berteman dekat dari mereka masih gadis. La Barka terbuka bagi kawan dan kenalan yang datang untuk berlibur. Monique bekerja di toko kain milik temannya Francine di desa Trans. Monique bertukar cerita perkawinan masing-masing. Pernikahan Monique pun tidak bisa dibilang bahagia. Mertuanya sering mencampuri urusan La Barka yang sebenarnya menyinggung hati Monique. 

Selain Rina, ada beberapa tamu lainnya di La Barka. Seorang pria paruh baya bernama Jaques dan seorang perempuan muda bernama Sophie. Rina tidak terlalu menyukai Sophie. Gadis muda yang terlalu bebas pergaulannya sementara ia sudah terikat pertunangannya dengan David, teman dari Monique. Kehidupan di kota kecil membuat semua orang mengenal mereka dengan mudah. Rina pun menjalin pertemanan dengan Francine dan Rene. Sudah jadi rahasia umum, hubungan suami istri tersebut kaku dan Rene disebut-sebut memiliki kekasih lain.

Dalam buku hariannya, Rina tampak menunggu kabar dari seseorang. Lelaki yang ia cintai tetapi bukan suaminya. Rina membantu pekerjaan rumah tangga di La Barka. Aktivitasnya selain bermain dan mengurus anak, sekali-kali ia keluar malam menonton film bioskop. Dalam beberapa kesempatan tersebut, Rene mencoba mendekati Rina. 

Masa depan Rina masih belum pasti. Secara keuangan, ia dan anaknya akan mendapat kiriman uang dari suaminya tiap bulan. Ia harus mencari pekerjaan. Setelah perginya Jaques, Sophie dan teman lain Moniqur, mereka tinggal bertiga di La Barka. Seorang kawan lama Monique, Ruth, berkunjung dengan putra sulungnya, Robert ke La Barka. Beberapa kali Robert mengajak Rina dan anaknya keluar rumah. Meski terpaut umur tujuh tahun, Robert menyatakan cinta pada Rina. 

Sebelumnya saya pernah sekali membaca karya NH Dini yang sayangnya tidak saya ingat ceritanya. Ketika membaca La Barka jujur saja agak membosankan. Aktivitas Rina dan anaknya buat saya monoton. Emosinya sebagai wanita yang dalam proses perceraian cenderung datar. Perbedaan latar belakang sosial antara Rina dengan MoniqueKonflik lebih banyak dari penghuni-penghuni La Barka lainnya dan teman-teman Monique. Beruntung mood saya masih sanggup meneruskan ceritanya hingga tamat.

No comments:

Post a Comment

Thank your for leaving comment. :)