Pages

Monday, February 27, 2012

Istana Kedua


Istana Kedua by Asma Nadia
My rating: 4 of 5 stars

Berapa banyak pilihan yang dipunyai seorang istri,ketika tahu ada perempuan lain mencoba mendekati suami mereka dan membahayakan perkawinan? Pilihan pertama adalah bangkit dari kesedihan. Hadapi sang suami. Tatap tepat pada kedua matanya dan bertanya langsung.



Dunia Arini :

Tak pernah dibayangkan oleh Arini, suaminya diam-diam membangun istana kedua. 10 tahun pernikahan yang bahagia telah memberikannya tiga buah hati yang mereka cintai. Pras ialah sosok pria yang membuatnya merasa seperti kisah dongeng ala putri-putri yang berakhir indah dan bahagia selamanya . Apa yang membuat Pras mengkhianati cintanya? Apa yang salah di dirinya?


Ia tidak sanggup menanyakan secara langsung. Arini menemukan tagihan dan bon-bon yang tak pernah ia ketahui. Arini pun mencurahkan kegalauannya dalam tulisan. Ketidakharmonisan rumah tangga tidak hanya menimpa Arini tetapi juga sahabat-sahabatnya, Lia dan Sita. Lia bahkan bercerai dari suaminya yang berselingkuh dengan sekretaris. Lia pun jauh berubah, membuka kerudungnya dan merokok. "Jika cinta bisa membuat seorang perempuan setia pada satu lelaki, kenapa cinta tidak bisa membuat lelaki bertahan dengan satu perempuan ?"


Dunia Mei Rose :

Kebahagiaan bagi Mei Rose adalah hal yang langka. Sepeninggal orang tuanya,Mei tinggal bersama adik maminya,A-ie. Hidupnya dibawah komando A-ie melakukan pekerjaan rumah seperti babu. Jika ada pekerjaan yang salah,ia segera mendapat hukuman. Hidup Mei biasa-biasa saja karena pergaulannya terbatas hingga datang seorang pria bernama Ray.Namun harga diri dan dunia Mei terkoyak-koyak setelah Ray merampas kewanitaannya.

Mei mencoba bangkit dan melawan sakit hatinya. Mei kembali menemukan cinta dalam diri David yang menyukai tindakan kekerasan. Akhirnya Mei ditinggalkan karena janin dari benih Ray telah hidup bersamanya dan tidak bisa digugurkan. Mei membuat email kontraversial yang menawarkan dirinya menjadi istri kedua. Bukan lelaki yang tulus yang ia dapatkan malah ia ditipu habis-habisan. Ia berpikir untuk mati dan menyudahi kisah tragisnya di dunia ini.

Dunia Arini dan Mei Rose bersinggungan lewat satu pria yaitu Pras. Salahnya Pras tidak secara jujur dari awal kepada istrinya. Pras membiarkan istrinya menerka-nerka dan menghancurkan cinta mereka. Pras sendiri tidak mempunyai niat untuk menduakan Arini. Pembaca pun tidak sampai hati menghakimi Mei Rose sebagai orang kedua di istana Arini - Pras melihat peliknya kehidupan Mei.


Di kehidupan seringkali poligami disalahartikan. Namun keberpihakan tidak ada pada perempuan, tetap saja kesalahan seringkali dijatuhkan kepada sang istri. Tidak bisa merawat diri? Kurang bersolek? Tidak bisa ini - itu? Sehingga wajar saja si suami memperistri perempuan lain. Jika alasan yang digunakan untuk menolong perempuan tidak harus dengan cara menikahinya,bukan ? Ah mata lelaki tetap lah lelaki.



Kenapa selalu tahun2 poligami rasulullah yang dicontoh? Kenapa para lelaki itu tidak mencontoh tahun-tahun panjang Rasulullah, 28 tahun hanya membagi kasihnya untuk Khadijah ?

View all my reviews

2 comments:

  1. yang lelaki kek gitu, tidak paham sejarah namanya :D
    eh itu blogku tolong diupdate lagi linknya yah, kok nggak muncul recent postnya?

    ReplyDelete
  2. sippp..link blognya udah di update ^^

    ReplyDelete

Thank your for leaving comment. :)