Pages

Thursday, August 29, 2013

Islam Sehari -hari :Yang Penting, Yang Terabaikan


Judul : Islam Sehari-hari: Yang Penting, Yang Terabaikan

Pengarang : Vbi Djenggotten

Penerbit : Qultum Media

Tahun Terbit : 2013


"Sebuah kesalahan yang dilakukan berulang-ulang, kalau dibiarkan lama-lama dianggap sebagai sebuah kebenaran"


Sepintas dari cover 'Islam sehari-hari' tidak hanya menarik dari gambarnya,cukup menyentil perilaku narsis ketika beribadah haji. Karakter utamanya adalah pemuda yang berambut keriting. Melalui narasi pemuda berambut keriting digambarkan lah perilaku-perilaku umat islam yang tidak mencerminkan akhlak muslim yang mulia. Sumbernya berdasarkan dari hadis-hadis Rasulullah.

Hal-hal yang sepele, dianggap sebelah mata terpinggirkan padahal sebenarnya hal tersebut bernilai penting. Dari hal yang kecil saja seperti mempergunakan trotoar untuk parkir rumah atau standing banner toko. Apalagi pengendara motor yang naik ke trotoar. Sungguh terlalu!. Sebenarnya trotoar kan haknya pejalan kaki. Dilarang mengambil sesuatu yang bukan haknya, hak orang lain, bukan? :)

Vbi_djenggoten mampu menangkap fenomena sosial yang terjadi pada umat muslim saat ini. Seperti suatu kelompok yang melakukan konvoi di malam hari, tanpa helm, tidak memperhatikan faktor keselamatan. Perihal pergaulan wanita dan pria jaman sekarang yang bikin geleng kepala. Anak ABG yang pacaran saja ada yang panggilan sayangnya 'abi - umi'.

Sentilan-sentilan kebenaran sebenarnya tidak hanya mengarah ke karakter-karakter yang digambarkan. Kita bisa tertawa - tawa karena penyampaiannya yang humoris. Kesannya becanda tapi intinya serius. Sebagai pembaca yang beragama Islam, saya jadi turut berintrospeksi diri. Ada beberapa cerita yang sesuai atau pernah saya lakukan di masa lalu. Semoga tidak terulang di masa depan. Terima kasih untuk VBI_Djenggoten yang sudah mengingatkan melalui komik ini. :)

Tulisan penutup dari buku ini membuat saya tersedak "Semoga Allah juga memberikan rasa syukur dan tak minder pada orang yang dianugerahi rambut keriting... Sehingga tak usah buang uang dan waktu untuk Rebonding" Hidup rambut keriting (yang tanpa rebonding) !! Hahaha..

Wednesday, August 28, 2013

Wishful Wednesday 9


Happy wednesday !  

Wishful Wednesday rabu ini adalah kumpulan cerpen Laki-laki Pemanggul Goni, cerpen pilihan kompas 2012. Saya suka membaca cerpen-cerpen Kompas (dalam bentuk buku) karena ini cerpen pilihan 2012, saya tidak mau ketinggalan membacanya. Kemarin udah sempat pegang-pegang setelah muter-muter tapi ditaruh lagi. Sekarang kepikiran deh. x))


Kalau kamu mau ikutan berandai-andai di hari rabu ini, langsung ikutan aja via blognya mbak astrid. ^^

Friday, August 2, 2013

Buying Monday 1


Buying Monday adalah meme book haul yang diprakarsai oleh Aul, pemilik blog buku The Black in The Book. Buku-buku yang dipamerkan bisa dari pembelian, hadiah, ebook atau pinjam dari perpus. Sebelumnya buku-buku yang saya beli saya posting di blog personal, nah sekarang di blog buku sekalian ikutan meme. Hihihihi.


1. Memang Jodoh - Marah Rusli. Begitu tahu ada karya Marah Rusli yang baru terbit, saya langsung cari di toko buku. Temanya menarik buat saya.

kalap di periplus bargain (sorry gambarnya kurang jelas)

Akhir-akhir ini periplus seringkali menggelar bazar di mall-mall. Tak sengaja ketika saya ke Epicentrum Walk lagi ada periplus bargain. Ya liat-liat dulu deh, pikir saya. Tahu-tahu saya sudah menenteng belanjaan saja. Teman-teman kantor saya langsung heran, banyak bener Zii.. Mwihihihi.

2. The Girl with the Dragon Tattoo - Stieg Larsson. Udah lama pengen baca buku ini.
3. The Secret of History Costaguana - Juan Gabriel Vasques. Milih buku ini karena latar belakang ceritanya di Amerika Selatan. gara-gara Isabel Allende jadi pengen baca buku-buku penulis Amerika Selatan lainnya. *ga ada di gambar siy*
4. The Informers - Juan Gabriel Vasquez.
5. The House of Silk - Anthony Horowitz.
6. By Nightfall - Michael Cunningham.
7. Uncommon Criminals - Ally Carter. Milih-milih buku yang agak ringan temanya tapi harganya juga murah.


8. And The Mountains Echoed - Khaled Hosseini.
Ini buku yang saya tunggu-tunggu. Saya berharap dengan melakukan PO dari penerbitnya, bukunya bisa dikirim lebih cepat dari toko buku. Karena dua minggu lalu, saya akan site visit dan saya berharap bisa bawa buku ini ke site. Dari twitter, saya dapat info kalau bukunya sudah beredar di toko buku sementara status buku saya masih waiting list di catatan ordernya. Saya sudah berangkat ke Kalimantan, bukunya baru nyampe di kantor. Telat, pesawatnya udah terbang. *ala AADC*. Ya anggap aja lah diskon 25% jadi penghibur.

  buku pinjaman dari perpustakaan Erasmus Huis

Tiga minggu sekali saya menyempatkan ke Perpustakaan Erasmus Huis untuk pinjam buku. Walaupun lebih sering kena dendanya balikin buku tidak membuat saya kapok pinjam buku. Hihihihi.

9. Di Pedalaman Borneo ; perjalanan dari Pontianak ke Samarinda 1894. - Anton W Niewenhuis. Penasaran bagaimana penulis bisa melakukan perjalanan panjang dari Pontianak ke Samarinda saat beberapa daerah belum terjamah dan belum ada di peta.
10. Sudah, biar saja.... - Paula Gomez. Pinjem buku ini karena tipis. Hahaha *alasan macam apa itu*
11. Teriakan Kakatua Putih, Pemberontakan Pattimura di Maluku. Alasannya sama dengan no.10.

kiriman dari Mas Pra, Goodreads Semarang ^^

12. Hugo - Brian Selznick.
Yippie, sampe rumah di hari terakhir bulan Juli sudah ada paket buku yang menanti. Kiriman dari Mas Pra yang punya dobel novel ini. Gara-gara ngetweet lagi nonton film Hugo di site. eh dikasih novelnya ama Mas Pra. Thank youu...

Perasaan saya beli buku banyak banget. Pas blogwalking ke peserta Buying Monday lainnya, timbunan saya tidak ada apa-apanya. Hahaha. Jangan lupa ikutan Buying Monday ya, langsung cek ke empunya meme : Aulia - The Black in The Book.