Pages

Monday, February 27, 2012

Istana Kedua


Istana Kedua by Asma Nadia
My rating: 4 of 5 stars

Berapa banyak pilihan yang dipunyai seorang istri,ketika tahu ada perempuan lain mencoba mendekati suami mereka dan membahayakan perkawinan? Pilihan pertama adalah bangkit dari kesedihan. Hadapi sang suami. Tatap tepat pada kedua matanya dan bertanya langsung.



Dunia Arini :

Tak pernah dibayangkan oleh Arini, suaminya diam-diam membangun istana kedua. 10 tahun pernikahan yang bahagia telah memberikannya tiga buah hati yang mereka cintai. Pras ialah sosok pria yang membuatnya merasa seperti kisah dongeng ala putri-putri yang berakhir indah dan bahagia selamanya . Apa yang membuat Pras mengkhianati cintanya? Apa yang salah di dirinya?


Ia tidak sanggup menanyakan secara langsung. Arini menemukan tagihan dan bon-bon yang tak pernah ia ketahui. Arini pun mencurahkan kegalauannya dalam tulisan. Ketidakharmonisan rumah tangga tidak hanya menimpa Arini tetapi juga sahabat-sahabatnya, Lia dan Sita. Lia bahkan bercerai dari suaminya yang berselingkuh dengan sekretaris. Lia pun jauh berubah, membuka kerudungnya dan merokok. "Jika cinta bisa membuat seorang perempuan setia pada satu lelaki, kenapa cinta tidak bisa membuat lelaki bertahan dengan satu perempuan ?"

Cari Aku di Canti

Cari Aku di CantiCari Aku di Canti by Wa Ode Wulan Ratna


My rating: 4 of 5 stars


Kumpulan cerpen ini terdiri dari 12 cerpen yaitu La Runduma, Cari aku di Canti, Bula Malino, Bulan Gendut di tepi Gangsal, Perempuan Nokturia, Catatan Harian Hans Mandosir, Kembang Sri Gading, Corfivollus, Meja Gembol, Kering, Peluru-peluru, dan Batavus. Judul kumcer 'cari aku di Canti' merupakan judul salah satu cerpen yang menurutku kurang menarik tapi judulnya cukup catchy. Secara keseluruhan saya suka dengan kumcer ini. Cerpen-cerpennya mengangkat tema lokal yang menarik untuk dibaca.


Cerpen yang paling saya suka yaitu catatan harian hans mandosir. Kisah seorang anak papua dari raja ampat yang suka menulis. Hans berhenti sekolah selain karena keterbatasan ekonomi juga perihal gurunya yang jarang datang karena kendaraan yang sulit. Surat yang ditujukan kepada Bapak Mentri sungguh mengharukan. Ada lagi kisah veteran perang di cerpen 'Peluru-peluru' yang terbiasa makan arang. Di masa tuanya yang pelik,Pak Wadiman berhak mendapat bantuan tunai dari pemerintah. Namun untuk mendapatkan bantuan,ia perlu membayar uang administrasi. Saat pembagian bantuan terjadi kericuhan di kantor kelurahan karena warga berdesakan dan saling dorong.

View all my reviews

Pemburu Muda

Pemburu MudaPemburu Muda by Mochtar Lubis


My rating: 3 of 5 stars


Pemburu Muda merupakan cerita anak yang diceritakan kembali oleh Mochtar Lubis. Buku setipis 40 halaman ini terdiri dari tiga cerita yaitu Pemburu Muda, Si Melati, dan Anak Perempuan yang Menginjak Roti. Buku ini diterbitkan di tahun 1978 dan termasuk langka karena saya tidak pernah menemukan buku ini selama pengalaman hunting buku-buku Mochtar Lubis. *thanks to Mas Gieb*.
Saya menceritakan secara ringkas dari tiga kisah dongeng ini.

Pemburu Muda

Suatu ketika seorang pemburu muda bertemu dengan perempuan tua yang buruk rupa. Perempuan tersebut kelaparan dan kehausan. Pemburu muda jatuh iba dan memberikan uang kepada perempuan tua. Sebelum pergi, perempuan tersebut berkata 'aku beri engkau hadiah, karena hatimu amat baik. Teruskan perjalanan hingga kau melihat sembilan ekor burung memperebutkan sehelai baju. Bawalah baju tersebut jika baju itu engkau selubungkan ke bahumu dan akan membawamu ke tempat manapun yang engkau hendaki. Lalu makanlah hati burung yang mati,telan saja. Dengan memakannya tiap pagi engkau akan menemui sebuah mata uang emas di bawah bantalmu'. Dan benar saja,pemburu muda menemukan burung-burung yang memperebutkan sehelai baju. Pemburu muda mengikuti petunjuk si perempuan tua.

Dengan keping uang yang muncul dari bawah bantalnya,pemburu muda memutuskan untuk mengembara. Suatu hari pemburu muda melihat istana indah di tanah lapang. Dia melihat perempuan tua dan gadis yang cantik di jendela. Perempuan tua itu adalah nenek sihir. Pemburu muda hendak beristirahat di istana. Nenek sihir menghasut si gadis untuk merampas harta pemburu muda,jubah dan hati burung. Gadis mematuhi nenek sihir. Alangkah sedihnya hati pemburu muda mendapati hartanya ludes.


Si pemburu muda pergi dari Istana. Ia mendaki puncak gunung karena angin kencang dan menghempaskan pemburu muda ke bawah,ke kebuh sayur sla. Karena lapar diambil lah sembarang daun sla. Tiba-tiba sehelai daun sla membuatnya berubah menjadi keledai. Ia terus makan daun sla yang lain. Seketika wujudnya kembali menjadi manusia semula. Pemburu muda memetik daun sla yang baik dan daun sla yang jahat. 'Itu akan menolong saya menghukum pengkhianat-pengkhianat'.

Pemburu muda menyamar sebagai pesuruh raja dan kembali ke istana. Si tukang sihir penasaran dengan daun sla yang amat aneh. Sehingga perempuan tua itu mencicipi daun sla. Ia berubah menjadi keledai. Berikutnya babu dan gadis cantik juga menjelma menjadi keledai. Pemburu muda membawa tiga ekor keledai dan dititipkan kepada tukang kincir.

Prajurit Schweik

Prajurit Schweik (The Good Soldier Schweik)Prajurit Schweik by Jaroslav HaĊĦek


My rating: 4 of 5 stars


Schweik dikeluarkan dari dinas ketentaraan karena ia dinyatakan menderita lemah akal yang tak bisa disembuhkan lagi. Sehari-hari Schweik hidup dari jual-beli anjing. Lalu ada satu peristiwa yang mengubah hidupnya yaitu penembakan putera mahkota Ferdinand di Sarajevo. Schweik pergi ke kedai minum 'botol'. Disini karena membicarakan pembunuhan Ferdinand,ia ditangkap oleh mata-mata Bretschneider. Schweik dituduh mengkhianati kerajaan. Pejabat kepolisian tidak berkutik dengan wajah polos dan jawaban jujur Schweik. Karena tingkah lakunya Schweik, ia dikirim ke rumah sakit jiwa. Ia tidak lama diperlakukan sebagai orang gila dan dibebaskan.

Kementrian peperangan Austria memanggil Schweik untuk masuk dinas militer. Pasukan Austria mendapat tekanan hebat dari musuh di Sarajevo. Schweik semangat sekali untuk menjadi tentara hanya saja penyakit encoknya sedang kambuh. Niat tulus Schweik menghadap tentara dengan kursi roda dipandang sebagai usaha yang ingin menghindari wajib militer. Sekali lagi Schweik dimasukkan ke tangsi militer. Dalam tangsi militer, Schweik menarik perhatian pendeta militer Otto Katz. Kesederhanaannya,air mukanya yang seakan tak berdosa,membuat apa saja yang diucapkannya dipercaya orang. Schweik diangkat menjadi pesuruh pendeta. Tugasnya mulai dari membantu persiapan misa hingga mengurusi pendeta yang sering mabuk berat. Pendeta menjual schweik kepada Letnan Lukash melalui taruhan permainan kartu.

Karakter Schweik yang lugu dan polos kadang menggelitik pembaca. Schweik suka sekali membawa masalah. Keluguannya dipandang sebagai ketololan oleh orang lain. Seringkali orang yang ingin memarahinya habis-habisan tak berkutik melihat air muka Schweik yang polos sehingga kemarahan pun menjadi surut. Dalam keadaan genting Schweik bisa mengorbankan segala-galanya untuk kepentingan si letnan. 'Saya selalu ingin berbuat untuk kebaikan Tuan,dan bukanlah kesalahan saya bila hasilnya tidak seperti yang kita harapkan'.

Schweik memberikan amanat yang sangat bagus tentang kejujuran: 'Perbuatan paling buruk bagi seseorang adalah berdusta. Begitu ia terdesak nanti,sehingga kata-katanya sendiri bertentangan,ia tak tertolong lagi. Aku selalu berpendapat bahwa paling benar ialah berbuat jujur,serta mengakui kesalahan. Oh,ya,kejujuran sangat penting sebab akhirnya kejujuran itu sangat menguntungkan. Orang jujur selalu dihormati di mana saja,ia puas dengan dirinya sendiri dan ia bisa merasa bagai bayi yang baru lahir saat pergi tidur dan dapat berkata: “Aku telah berbuat jujur lagi hari ini” - (halaman 97) ‘.


View all my reviews

Tuesday, February 21, 2012

One Day


Novel ini bercerita tentang Dexter dan Emma, Emma dan Dexter. Ya mereka berdua.


Selama 4 tahun kuliah,Dex tidak mengenali Em sebaliknya Em telah jatuh cinta dari pertama kali melihatnya Dex. Malam setelah wisuda mereka berdua bertemu di sebuah pesta,mabuk dan berlanjut ke tempat tidur. Mulai saat itu mereka menjadi sahabat. Cerita mereka berdua dibahas khusus setiap tanggal 15 Juli, yang juga bertepatan dengan St Swithin’ day.

Dex ialah tipikal pemuda womanizer yang pandai menggaet perempuan dengan mudah dan ingin memanfaatkan masa mudanya untuk bersenang-senang. Dex berasal dari keluarga yang cukup kaya. Dex melakukan perjalanan ke Italia, India dan China. Sementara Em merupakan gadis yang idealis dan sederhana. Em menjadi guru Bahasa Inggris dan menulis cerita di kala senggang. Dengan berbeda watak, mereka saling melengkapi dan membutuhkan. Persahabatan mereka mengalami pasang surut selama 15 tahun. Sesekali mereka saling goda. Em pun pernah tidak berbicara pada Dex dalam waktu lama.

Em memiliki kekasih, Ian, yang sering cemburu pada “golden boy” alias Dex. Di dalam hidup Dex, wanita datang dan pergi. Sekalipun masing-masing mempunyai kekasih, mereka tetap meluangkan waktu untuk berbagi cerita. Tidak ada yang serius sampai Dex bertemu dengan Sylvie. Dex menikahi Sylvie dan mereka mempunyai anak perempuan bernama Jasmine. Pernikahan mereka hanya bertahan 2 tahun karena perselingkuhan Sylvie dengan teman lama Dex, Callum.

Ketika membaca buku ini saya teringat dengan status ym teman: true love can wait. Begitulah Em mencintai Dex. 15 tahun! Dex akhirnya menikahi Em di usia mereka yang akan menginjak paruh baya. Seharusnya kisah mereka happy ending tetapi kebahagiaan Em dan Dex tidak berlangsung lama. Dex kembali terpuruk dengan ditemani minuman keras. Kisah cinta yang tragis. Keduanya selama bertahun-tahun mengingkari rasa cinta mereka. Oh why is it so hard?? Geregetan dan illfeel dengan tingkah laku Dex. Dan ketika mereka telah bahagia, Tuhan berkehendak lain. Dalam waktu 3 tahun setelah kematian Em, ia menjalin hubungan asmara dengan Manajer kafenya, Maddy. *sigh* Sepertinya kehidupan Dex tidak bisa tanpa wanita walaupun ia masih mengenang Em.


Saya tertarik buku ini awalnya karena aktris favorit saya, Anne Hathaway, memerankan Emma di film ‘One Day’. Sempat tertunda beberapa bulan untuk membeli buku One Day berbahasa Inggris. Dilema cover antara yang orange dan cover film. Saya lebih suka dengan cover salah satu adegan di filmnya hanya saja pose ciumannya bisa mengundang kontraversi di rumah. Hehehe.

n.b: Sampai review ini dipublish, saya belum nonton filmnya. (T.T)

Thursday, February 16, 2012

Reading Challenge 2012 ; Books in English



Tahun 2012, aku ingin meningkatkan bacaan dalam bahasa Inggris. Ada beberapa buku yang masih tertumpuk di to-read,kadang-kadang baca ebook kalau lagi senggang di kantor. Nah ada di teman BBI, Melmarian, bikin reading challenge; Books in English. Mungkin reviewnya sendiri dalam bahasa Indonesia, ya klo rajin reviewnya ditulis bahasa Inggris deh,hehehe :)


Sebenarnya aku engga biasa ngelist bacaan karena suka random milih buku yang mau dibaca. Moga-moga bisa baca lebih dari 1 buku ^^.

Daftar bacaan buku berbahasa Inggris :

Januari : A Change in Altitude – Anita Shreve & The Wedding – Nicholas Sparks

Februari : Thanks for Memories – Cecilia Ahern & Aleph – Paulo Coelho

Maret : Belong to me – Marisa De Los Santos & In the Country of Men – Hisham Matar

April : …………………..

Mei : ……………………

Juni : …………………..

Juli : ……………………..

Agustus : ………………

September : ………………

Oktober : ………………

November : ………………

December : ………………




Wednesday, February 15, 2012

Giveawaaaaaay "Avalon 3: Jalinan Sihir"

Suka novel Fantasi? Ada terjemahan terbaru dari serial Avalon yaitu Tangisan Serigala. Saya punya novelnya masih baru dan belum dibuka plastiknya lho.hehehe.. Ikutan giveaway ya

 
Avalon 3: Jalinan Sihir
Pengarang :Rachel Roberts
Penerbit : Mizan Fantasi
Sinopsis


Bisakah Adriane menyelamatkan Stormbringer?

Untuk seorang kesatria sihir seperti Adriane, pusat kekuatan sihirnya adalah ikatan persahabatan dengan Si Serigala Kabut, Stormbringer. Di Aldenmor, Adriane menghadapi seorang penyihir kegelapan, sendirian. Dia juga memepelajari beberapateknik sihir yang berbeda saat bertemu dengan seorang pria aneh. Kesatria sihir akan membutuhkan kedua temannya untuk bertahan hidup dari semua yang akan dihadapinya nanti.

Selamat datang di dunia baru, di sini kejaiaban itu nyata, dan persahabatan adalah segalanya.
-------- 

Kalau mau ikutan Giveaway di blog ini, silakan isi data-datanya dan untuk input data tertentu bisa kamu lakukan setiap hari, karena semakin sering kamu menginput, semakin besar kemungkinan kamu untuk menang! Yukksss :)










Monday, February 13, 2012

Rahasia di Pulau Kirrin (Lima Sekawan #6)

Rahasia di Pulau Kirrin (Lima Sekawan, #6)Rahasia di Pulau Kirrin by Enid Blyton


My rating: 4 of 5 stars


George sebal sekali mendapat surat dari Ibunya. Pulau Kirrin akan digunakan ayahnya untuk percobaan. Ayah George seorang ilmuwan yang terkenal. Ia membangun menara disamping puri tua di pulau itu. Bagi George,Pulau Kirrin adalah pulau miliknya. Ia tidak suka ada orang yang datang tanpa seijinnya termasuk ayahnya sendiri. Rencana liburan paskah George akan berkemah bersama 3 sepupunya, Julian, Dick dan Anne pun gagal.

5 sekawan mengunjungi ayah George yang biasa dipanggil Paman Quentin oleh Julian dan adik-adik. Anehnya tidak ditemukan keberadaan Paman Quentin tidak Bagaimana bisa Ayah George mengetahui tempat persembunyian yang tidak mereka ketahui? Nampaknya belum semua tempat di pulau Kirrin diketahui oleh 5 sekawan. Selama percobaan,Ayah George akan tinggal sementara di pulau Kirrin dan tidak mau diganggu oleh siapa pun. Untuk memastikan keadaannya ia aman-aman saja di pulau Kirrin,ia akan memberikan isyarat setiap jam setengah sebelas malam dan setengah sebelas pagi dari menara.

Sementara itu ada pendatang baru di daerah tempat tinggal George,Pak Curton dan anaknya,Martin. Martin memiliki bakat melukis. Walaupun dia agak membosankan,ia langsung semangat dan berseri-seri jika berbicara tentang seni lukis. 5 sekawan mengajak bermain di tambang batu. Tak sengaja Timmy menemukan lorong memanjang di tambang batu tersebut.Mereka ingin sekali menyusuri lorong namun waktunya belum pas sehingga menunda di lain hari.

Ayah George mengirimkan sinyal tak biasa dari Pulau Kirrin. Ia merasa tidak sendirian di pulau Kirrin lalu meminta ditemani oleh Timmy. Belum pernah sekalipun George berpisah dengan anjing kesayangannya dengan berat hati George mengijinkan Timmy menemani Ayahnya. Ada yang salah dengan isyarat Ayah George. Lewat teropong penjaga pantai,ia tidak melihat Timmy. Kekhawatiran George membawanya menyeberangi laut di saat sepupu-sepupunya sudah terlelap. Benar saja ada dua orang asing di pulaunya,mereka menawan Ayah George dan Timmy!

Dua orang penjahat ini bertujuan merebut catatan tentang percobaan Ayah George. Tujuan percobaan untuk menggantikan batu bara dan minyak sbg pembangkit energi. Jika berhasil akan disumbangkan untuk kepentingan dunia. Orang tidak perlu lagi menggali tanah untuk batubara dan minyak. Rupanya ada mantan rekan kerja ayahnya yang ingin merebut formula percobaan dan membayar penjahat untuk merampas dari ayah George. Mereka mengancam jika tidak diberikan akan meledakkan pulau Kirrin.

George memberikan catatan tersebut ke Timmy yang langsung menghilang di goa bawah tanah puri pulau Kirrin. Timmy sampai tepat waktu di rumah George dan menemui anggota 5 sekawan lainnya. Catatan yang dibawanya disimpan di lemari besi. Namun bagaimana caranya Timmy bisa sampai ke rumah? Tidak mungkin Timmy berenang,bulu-bulunya sama sekali tidak basah. Ada goa bawah laut yang menghubungkan pulau Kirrin dengan daratan! Ujungnya berada di lokasi tambang batu. Julian dan Dick mengikuti Timmy dan mereka bertemu dengan Martin di tambang batu. Nah? Apa yang dilakukan Martin disana sambil membawa sekop dan senter? Martin berterus terang jika Pak Curton bukan lah ayah kandungnya, ia yatim piatu. Selama ini Martin harus mengikuti perintah-perintah Pak Curton dalam aksi kejahatannya. Ia tak punya pilihan. Martin bersedia membantu Julian dan Dick untuk menyelamatkan George dan Ayahnya.

Kisah petualangan Julian, Dick, George, Anne dan Timmy tidak pernah bosan untuk dibaca. :)

View all my reviews

Maximum Ride Vol.2

Maximum Ride, Vol. 2 (Maximum Ride: The Manga, #2)Maximum Ride, Vol. 2 by James Patterson


My rating: 3 of 5 stars


Max dikerangkeng bersama Angel, Nudge, Fang di tempat yang dinamakan sekolah. Mereka berhasil meloloskan diri karena kebodohan Ari si manusia anjing dan bantuan yang datang dari Iggy dan Gazzy. Masing-masing mempunyai sayap di punggung. Mereka terbang ke arah timur.

Angel yang terkecil di kelompok mereka bisa membaca pikiran. Dari Angel diketahui institut yang menyimpan data asal usul dan orang tua mereka. Mereka berasal dari manusia bukan bayi tabung seperti yang mereka duga. Ketika masih berbentuk janin, DNA burung disuntikkan. Setelah mereka lahir,dokter menyerahkan kepada pihak 'sekolah'.

Mereka memutuskan untuk mencari institut tersebut dan terbang ke New York. Max seringkali tiba-tiba sakit kepala. Ada suara misterius yang menggema di pikirannya. 'Selamatkan dunia Max'. Mereka terus diburu oleh Eraser. Mereka terkepung di pantai. Max kembali bertemu Ari. Pertempuran tidak bisa dihindari. Max berhasil membunuh Ari. Tiba-tiba muncul Jeb yang mengatakan Ari adalah putranya dan Max telah membunuh adiknya sendiri.

Saya belum pernah baca novel Maximum Ride - James Patterson. Novel grafis ini merupakan hadiah menang kuis. :D Jadi saya langsung baca volume 2 ini tapi saya tetap bisa menikmati cerita. Karakter yang paling saya suka adalah Angel. Imut-imut sih,hehehe. Jangan tertipu dengan kepolosannya karena kekuatannya tidak hanya bisa membaca pikiran tetapi juga mengendalikan pikiran.

View all my reviews

Melintasi Dua Jaman : Kenangan tentang Indonesia Sebelum dan Sesudah Kemerdekaan

Melintasi Dua Jaman: Kenangan tentang Indonesia Sebelum dan Sesudah KemerdekaanMelintasi Dua Jaman: Kenangan tentang Indonesia Sebelum dan Sesudah Kemerdekaan by Elien Utrecht


My rating: 3 of 5 stars




Melintasi 2 Jaman merupakan catatan kenangan atas Indonesia dari perspektif wanita Belanda. Elien lahir dan dibesarkan di Hindia Belanda. Ibunya orang Belanda totok sementara Ayahnya merupakan Indo,campuran Belanda-Indonesia. Asal usul keindonesiaannya dari pihak Ayah yang campuran antara Belanda,Tionghoa,dan Bugis. Eilen memulai cerita dari masa kanak-kanaknya yang berpindah-pindah dari satu onderneming gula ke onderneming lainnya. Pergaulannya terbatas dan hampir tidak mengenal sisi pribumi.

Roda kehidupan berputar. Dari keluarga yang nyaman di onderneming berubah menjadi 'warga kelas dua' ketika Jepang masuk ke wilayah Indonesia. Eilen dan Ibunya terpisah dari Ayahnya yang diangkut menuju kamp internir khusus orang-orang Eropa. Orang Jepang menjadi penguasa. Setiap perempuan di kamp harus mematuhi perintah kepala kamp. Selama 2 tahun,mereka bekerja di kamp di Semarang. Eilen dan Ibunya berhasil bertahan di kamp hingga Jepang menyerah kepada sekutu. Mereka keluar dari kamp dan dibawa ke Surabaya yang bertepatan dengan peristiwa 10 Nopember. Disinilah sejarah bersifat relatif. Di satu sisi dipandang pejuang disebut pemberontak,di satu sisi ia dipuja sebagai pahlawan. Bagi orang Belanda, Sutomo sama saja dengan teroris. Di tengah hiruk pikuk kemarahan orang Indonesia, orang-orang Belanda termasuk Eilen dan ibu berangkat 'pulang' ke negara asal mereka.

Pergaulan dan lingkungan keluarga Eilen yang terbatas di hindia Belanda membuatnya tidak menyadari perkembangan nasionalisme pada orang Indonesia. 'Aku hampir tidak tahu apa pun tentang gerakan nasional Indonesia',tulisnya. Leiden membuat ia bertemu dengan orang-orang yang memandang serius perjuangn kemerdekaan Indonesia. Eilen bertemu dengan calon suaminya, Ernst Utrecth di Leiden. Mereka sepakat setelah menikah akan kembali ke Indonesia dan menjadi warga negara Indonesia.

Setelah kembali ke Indonesia,suaminya Ernst ikut aktif dalam kegiatan pendidikan,politik,dan menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung (DPA) Presiden Soekarno. Ernst mengajar ilmu hukum. Sebagai dosen terbang,ia mengajar dari kota ke kota mulai dari Bandung, Makassar, Jember,hingga Ambon. Kemerdekaan Indonesia masih belum bisa diterima Belanda. Selain menghadapi ancaman luar negeri,pemerintah juga menghadapi pergolakan di daerah-daerah. Presiden Soekarno digantikan oleh Soeharto. Pendapat Ernst bahwa negara hendaknya dipimpin oleh orang sipil dan sekuler bukan dari militer menuai kecaman. Ernst sempat beberapa kali ditahan oleh militer.

Pada tahun 1969, Ernst berbicara di radio Australia mengecam pemerintahan Indonesia. Waktu itu Ernst dalam perjalanannya menuju Belanda. Sementara Eilen dan Arntje masih di Indonesia,rencananya mereka hendak menyusul ke Belanda. Karena pernyataan Ernst yang kontraversial di dunia Internasional membawa dampak disitanya paspor istri dan anaknya. Ernst pun dihimbau untuk pulang ke Indonesia. Setelah setahun berlalu barulah Eilen dan Artnje memperoleh kembali paspor. Keadaan membuat Eilen dan keluarga mengganti warga Negara dan tinggal di Belanda. Mereka berharap bisa kembali menginjak Indonesia untuk berlibur suatu saat nanti.

Saya sendiri belum pernah mendengar nama Ernst Utrecth dan Eilen Utrecth sebelum membaca buku ini. Namun dari aktifitas Ernst yang berhubungan dengan tokoh-tokoh nasional yang terkenal mungkin ia berperan penting. Awalnya saya merasa nothing special dari kenangan Eilen. Tentu saja saya tidak menyukai perspekstif Eilen yang berada di pihak kolonial dan ia sendiri kurang membaur dengan orang-orang Indonesia. Yang menjadi menarik adalah di bagian proses kreatifnya. Karena setelah berada di Belanda,ia merasa asing, Eilen merasa lebih dekat dengan Indonesia. Ia menjumpai generasi tua dan konservatif di Belanda yang marah ketika 'surga rimah lipah roh jinawi' Hindia Belanda terenggut dari bagian kerajaan Belanda. Banyak juga yang telah merencanakan hari tua mereka di Hindia Belanda. Sementara ada generasi yang lebih muda yang menghargai perjuangan kemerdekaan rakyat Indonesia.

View all my reviews

Diary of a Wimpy Vampire : Because The Undead Have Feelings Too

Diary of a Wimpy Vampire: Because The Undead Have Feelings TooDiary of a Wimpy Vampire: Because The Undead Have Feelings Too by Tim Collins


My rating: 2 of 5 stars


Nigel sepintas hanya remaja yang tidak menarik dan populer. Siapa sangka dia adalah vampire yang terjebak di usia 15 thn. Awalnya Menjadi manusia abadi menyenangkan hingga berpindah-pindah tempat tinggal dan mengulang pelajaran yg sama selama 85 thn.

Nigel sangat bergantung pada perburuan orang tuanya membawa kantong darah untuk minum. Mitos vampire takut matahari tak berlaku bagi Nigel dan keluarga paling hanya timbul ruam-ruam di kulitnya.Nigel menganggap dirinya tidak memiliki kekuatan vampire yang kuat dan cepat. Berbeda dengan Nigel,adiknya justru mempunyai kekuatan super ala vampire.

Vampire juga bisa jatuh cinta! Ada seorang murid perempuan bernama Chloe memenuhi hati dan pikiran Nigel. Chloe memiliki lehernya yang cantik. Setiap memandang Chloe akan memunculkan taring Nigel. Tetapi Chloe hanya menganggap Nigel teman biasa. Hari-hari Nigel makin lesu setelah Chloe berpacaran dengan Wayne. Nigel pun patah hati dan baginya lebih baik jantungnya dipasak atau kepalanya dipenggal daripada merasakan sakitnya patah hati.

Ada serangan vampire di kota tempat tinggalnya. Nigel mencurigai orang tua karena Ayahnya mengatakan bahwa mereka adalah klan vampire terakhir.Jika ketahuan mereka harus berpindah ke kota lain,memulai lagi dari awal. Nigel mengatakan perasaannya dengan jujur kepada Chloe setelah cewek itu putus dengan pacarnya. Ia juga mengaku sebagai vampire.Chloe menerimanya sebagai kekasih, mungkin ia terpukau dengan gigi taring Nigel yang tiba-tiba muncul tanpa disadari.

Chloe disandera oleh guru olahraga mereka,Mr Jenkins yang ternyata juga vampire. Mr Jenkins menaruh dendam pada ayah Nigel yang tak sengaja mengubahnya jadi vampire 200 tahun yang lalu. Nigel harus berduel menghadapi Mr Jenkins. Kemarahan Nigel membangkitkan kekuatan yang selama ini tersembunyi dan tidak disadari Nigel.

Sepintas buku ini dari cover hampir mirip dengan diary wimpy kid. Saya hampir terkecoh mengira masih buku yang sama. Ilustrasi Nigel selalu meregut dan terkesan suram. Jujur aja cerita si Nigel ini membosankan.

View all my reviews

Wednesday, February 8, 2012

Saga no Gabai Bachan

Saga no Gabai Bachan (Nenek Hebat dari Saga)Saga no Gabai Bachan by Yoshichi Shimada


My rating: 5 of 5 stars


Bom atom Hiroshima mengakhiri perang dunia 2. Secara langsung berpengaruh kepada keluarga Akihiro, Ayahnya terkena zat radioaktif dari puing-puing rumah mereka dan meninggal ketika Akihiro masih kecil. Ibunya mulai bekerja untuk menghidupi keluarga mereka. Akihiro dititipkan ke neneknya di Saga. Kehidupan di Saga dan Hiroshima sebenarnya tidak jauh berbeda,sama-sama miskin bagi Akihiro. Rumah nenek tampak usang dan bobrok. Semenjak ditinggalkan suaminya,Nenek bekerja dan membesarkan ketujuh anaknya. Akihiro tinggal berdua dengan nenek.

Nenek tidak kehabisan akal untuk menyiasati kebutuhan hidup mereka. Semisal nenek mengikat magnet ketika berjalan. Paku atau logam yang berserakan di jalan bisa dikumpulkan nenek dan nantinya dijual untuk menambah penghasilan. Pasokan makanan mereka terutama didapat dari 'supermarket' yaitu kayu yang diletakkan di sungai depan rumah. Kadang ada sayuran/buah yang tersangkut. Yang mungkin dibuang oleh orang pasar karena kurang bagus dan tidak layak dijual. Nenek memungut sayuran/buah tersebut memotong bagian yang rusak atau busuk dan jadilah menu makanan untuk hari itu. Jika yang tersangkut ranting-ranting pohon akan dijadikan kayu bakar.

Satu-satunya olahraga yang tidak membutuhkan uang adalah lari. Akihiro mulai tekun berlari setiap hari sehingga kemampuan berlari tergolong cepat. Pada festival olahraga biasanya orang tua ikut menyaksikan anak-anak berpartisipasi dalam kompetisi olahraga dan memakan bekal bersama. Di setiap tahun lah Ibu Akihiro tidak bisa hadir untuk menonton dan menyemangatinya. Bekal yang disediakan nenek hanya acar timun dan jahe. Wali kelas Akihiro memberikan bekal makanannya untuk Akihiro karena perutnya sakit. Tidak cuma sekali,hampir setiap festival olahraga ada guru yang memberikan makanan kepada Akihiro. Tanpa diketahui Akihiro,guru-gurunya bergantian memberikan bekal makanan setiap festival olahraga. Mereka mengerti kesulitan hidup Akihiro dan nenek. "Kebaikan sejati adalah kebaikan yang dilakukan tanpa diketahui orang yang menerima kebaikan".

Setelah delapan tahun tinggal dan dibesarkan nenek, Akihiro bimbang ketika memilih SMA. Akihiro mendapatkan beasiswa baseball SMA di Hiroshima sehingga biaya pendidikannya digratiskan. Namun SMA di Saga juga ada yang mempunyai tim baseball yang kuat. Walau berat bagi Nenek,ia tetap menyuruh Akihiro pergi ke Hiroshima. Perpisahan antara Akihiro dan neneknya sangat mengharukan.

Novel yang inspiratif bagi saya. Kesulitan hidup tidak membuat hari mereka merana. 'Ada dua jalan buat orang miskin. Miskin muram dan miskin ceria. Kita ini miskin yang ceria'. Saya terharu dengan kesederhanaan dan cara-cara nenek menyiasati agar cucunya bisa makan. Sekalipun mereka miskin,nenek tidak pelit dengan orang lain. Ia tidak menolak jika ada saudara yang meminjam uang sementara nenek sendiri pun butuh uang. Nenek Ashano meninggalkan nilai-nilai kehidupan buat Akihiro yang jauh lebih berharga dari harta warisan apapun. “Kebahagiaan itu bukanlah sesuatu yang ditentukan oleh uang. Kebahagiaan itu adalah sesuatu yang ditentukan oleh diri kita sendiri, oleh hati kita.”

Saya sendiri pernah tinggal bersama nenek. Jadi mengerti sekali perasaan Akihiro ketika memutuskan untuk mengejar impiannya ke Hiroshima. Aaaaaa saya jadi rindu dengan nenek saya sendiri :').


View all my reviews

Thursday, February 2, 2012

The Wedding

The WeddingThe Wedding by Nicholas Sparks


My rating: 4 of 5 stars


Wilson telah menikah selama 29 tahun. Kehidupannya telah mapan bersama istri yg ia cintai, Jane. Mereka memiliki tiga anak: Ana, Joseph, dan Leslie. Ketiganya telah tinggal mandiri terpisah dari Wilson dan Jane. Tepat pada ulang tahun pernikahannya yg ke 29,Wilson tanpa sengaja melupakan hari yg sangat penting bagi mereka berdua. Jane sangat kecewa dan sikapnya mulai berubah. Keadaan rumah tangga mereka semakin tawar dimana satu sama lain menjadi asing. Jane sempat “menyepi” ke tempat tinggal Joseph di New York. Wilson merenungi kembali pernikahannya. Sepertinya masalah bukan muncul begitu saja. Jarak yang tercipta adalah akumulasi dari tahun-tahun pernikahan mereka. Wilson bekerja di Law Firm. Sebagian besar waktunya ia habiskan untuk bekerja. Jane menjadi ibu rumah tangga dan lebih banyak berperan dalam membesarkan anak-anaknya. Masih mungkin kah ia bisa berubah? Wilson tidak bisa memperbaiki masa lalunya tapi bukan berarti ia tidak bisa berubah menjadi suami yang baik. Pernikahan bahagia dan romantis seperti orang tuanya,Noah - Allie merupakan impian Jane.

Menjelang ulang tahun pernikahan yang ke-30,Wilson bekerja keras untuk menyiapkan surprise tetapi anak pertama mereka,Anna,memutuskan untuk menikah dengan kekasihnya Keith secara mendadak. Anna menginginkan pernikahan sederhana yang hanya tercatat di kantor catatan sipil. Jane membujuk Anna agar pernikahannya paling tidak mengundang beberapa tamu. Mungkin Jane teringat bagaimana ia menikah dulu. Wilson-Jane menikah sederhana di kantor catatan sipil. Secara pribadi Wilson dibesarkan dalam keluarga atheis tetapi bagi Jane seharusnya dilakukan di gereja. Pernikahan Anna bertepatan dengan anniversary Wilson-Jane yang ke-30. Setidaknya ia ingin mewujudkan angan pernikahan yang romantis pada putrinya. Akhirnya Anna setuju ada perayaan pernikahannya. Dengan waktu yang singkat, persiapan mulai dilakukan.

Disinilah Wilson menunjukkan perannya sebagai Ayah yang diandalkan. Waktu yang sempit biasanya sulit menemukan yang diinginkan. Berkat Wilson,hal-hal seperti Catering,undangan,fotografi pernikahan teratasi. Ide Wilson menyelenggarakan di kediaman orang tua Jane disambut baik. Sementara itu ia tetap mempersiapkan surprise untuk anniversary. Tugas Jane menemani Anna untuk memilih baju pengantin. Jerih payah Wilson dalam persiapan Anna sangat dihargai Jane. Hubungan kaku di antara mereka mulai mencair.

Kesehatan Noah menjadi perhatian menjelang hari H pernikahan Anna. Ia sempat mendapat stroke ringan. Noah mempunyai kebiasaan unik yaitu memberi makan angsa dan mengajaknya berbicara. Bagi Noah, Ia merasakan kehadiran Allie melalui si angsa. Angsa tersebut seolah-olah mengerti jika diajak berbicara oleh Noah. Kebiasaan ini yang membuat Noah dianggap memiliki pikiran delusional. Wilson sering mengunjungi Noah,untuk berbincang-bincang ataupun mendengarkan kenangan ayah Mertuanya. Bagian yang menarik yaitu perbincangan antara Wilson dengan Noah. “How many people are ever given that chance? To have someone you fall in love with you over and over? ”.

Hampir saja saya menyerah dengan novel ini. Alurnya lambat dan terasa kurang 'menggigit’. Endingnya tidak terduga. Pengalaman Wilson mengingatkan bahwa cinta juga perlu dijaga dan dipelihara. Tidak banyak pasangan yang cukup beruntung di dunia ini yang bisa tumbuh tua bersama. :')


“Love is sustained by actions, a pattern by devotion in the things we do for each other every day.”

View all my reviews